Bagaimana Menyiapkan Bolu gulung yang Enak Banget

Dipos pada December 28, 2016

Bolu gulung

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu gulung yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bolu gulung yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu gulung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu gulung bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu gulung oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bolu gulung memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Biasanya yg namanya bolgul paling susah....Ya bahannya...ya gulungnya. Biasanya makai kuning telur yg banyak trus putihnya gak tau mau diapain. Belum retaknya saat menggulung. Pas baca2 kumpulan resep ci Tintin yg jago n baik hati๐Ÿ˜€, nemu resep bolgul yg gak mubazir telur n halusnya gak kalah ama yg full kuning telur. Awalnya ragu n ngeri karena pakai all in one method. Tapi setelah dicoba waah....sama sekali gak mengecewakan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu gulung:

  1. 6 butir telur
  2. 90 gr gula
  3. 70 gr terigu
  4. 15 gr maizena (sumber:10 gr)
  5. 15 gr susu bubuk (sumber:10 gr)
  6. 2 sdm Susu Kental Manis (aslinya gak pakai)
  7. 1 sdt SP
  8. 60 gr margarin cairkan
  9. 60 gr mentega cairkan
  10. Isian: Buttercream atau selai kesukaan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu gulung

1
Kocok semua bahan kecuali margarin, mentega dan SKM hingga mengembang dan kental berjejak.
2
Tambahkan mentega, margarin dan SKM. Aduk balik hingga rata
Bolu gulung - Step 2
3
Ambil sedikit adonan, campur dengan pasta/ pewarna/ coklat bubuk. Sisihkan
4
Tuang adonan putih dalam loyang ukuran 26x26. Coret2/buat motif dengan adonan warna tadi. Panggang dengan suhu 180 delcel (api bawah 15 menit dan api atas 10 menitan). Sesuaikan kondisi oven masing2 yaa...
Bolu gulung - Step 4
5
Angkat dan diamkan sebentar. Bisa digulung saat masih hangat atau setelah agak dingin. Saya menggunakan kertas roti untuk menggulung. Awalnya aja yg perlu ditekuk. Setelahnya akan meluncur sendiri.
Bolu gulung - Step 5
6
Setelah dingin isi dengan selai/buttercream

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Iniiii yaaa, ceritanya pengen bgt ikutan GA nya cii Tintin Rayner pake resepnya yg hits dr bunda Riecke itu loooh ๐Ÿ˜†, tp koq nyali asa ciuuuut, ga berani unjuk gigi ๐Ÿ˜… yasuda jd dishare disini sajah..

Batik Roll Cake #3

Batik Roll Cake #3

Source : @yulianabisri #CookpadCommunity_Surabaya

Bolu Gulung No SP / Roll Cake ala khey

Bolu Gulung No SP / Roll Cake ala khey

Lembut moist healthy uhh perpek Kheyla's kitchen

Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Walaupun namanya ekonomis. Rasanya eksekutif ๐Ÿ˜€. Kasi tester ke tetangga, saudara, teman kantor, jawabanya cuman satu kata , Uenak ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘. Ini baru pake 6 telur gimana kalo pake 15 telor..... ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜€. Recomended bgt deh. ( source : tintin rayner )

Bolu gulung motif jerapah

Bolu gulung motif jerapah

Ini bolu gulung motifnya salah kayaknya jerapah motifnya harus nya putih yang garisnya,ketahuan nih ga pernah liat binatang jerapah ๐Ÿ˜Š Salah motif...Share aja resepnya next buat lagi jadi sudah tahu suhu oven. Masih antusias ikut dalam "saya pejuang dapur dan memberikan positif dan dukungan semangat dalam rangka memperingati "Peduli Kanker Payudara. Saya mendoakan yang saat ini sedang melawan kanker payudara seluruh Indonesia dimanapun berada selalu di beri kekuatan,sukacita senantiasa,selalu semangat,bersyukur dalam segala hal.serta pesan positif saya selalu berdoa,menjaga makanan,tetap semangat dan berpikir positif percaya selalu ada kesembuhan. kita semua pejuang dapur cookpad selalu mendukung buat teman semua yang saat ini sedang berjuang melawan kanker,agar selalu semangat,karna lewat semangat lah dapat mengobati semua sakit termasuk sakit kanker,semangat makan,semangat berpikir positif.semangat dalam hal apapun. TETAP SEMANGAT We all love you โค๏ธ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ #PejuangDapur#PeduliKankerPayudara

Bolu gulung rainbow ekonomis

Bolu gulung rainbow ekonomis

Salah satu varian bakulan....semoga bermanfaat

Bolu gulung mini anti gagal

Bolu gulung mini anti gagal

Liat resep di cookpad

07. Bolu gulung pandan 3 telur

07. Bolu gulung pandan 3 telur

#BikinRamadanBerkesan hari ke-7 tgl 14-5-18. Rebake resep mb vy (dapurVy) Sebenernya ini resep Hurricane swissrollcake nya mb vy. Tapi di tangan saya, anginnya mendadak kalem ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Ini pertama kali bikin rollcake dan cukup senang krn berhasil menggulung tanpa patah. Dan sangat terhibur dgn rasa cakenya yg lembut, lentur, manisnya pas.

Roll Cake Chocolatos (kukus No BP)

Roll Cake Chocolatos (kukus No BP)

Roll cake chocolatos maknyoooos banget rasanya, tetep dari bahan yang sama tapi tanpa baking powder ๐Ÿ˜„beda di buttercreamnya aja lebih di banyakin kali ini coba pakai loyang uk 30 x 25 yang penting rasanya tetep ala erni's kitchen

Bolu Gulung Kukus Ceria

Bolu Gulung Kukus Ceria

Berawal dari ga ada nafsu makan karna demam...iseng buka cookpad liat bolu gulung kukus yg warnanya ceria banget,langsung ngiler..mo ngebikin tp badan masih lemah..๐Ÿค’,setelah badan mulai enakkan sy kumpulkan tenaga untuk baking,yg mulanya sy ga suka banget ma bolu yg dikukus2 gitu,ternyata saya dibuat jatuh cinta ๐Ÿ˜,ternyata enak ,lembut dan ga butuh waktu lama..๐Ÿ˜Šyuk bun dicoba โ˜บ

16 potong
Bolu gulung camouflage

Bolu gulung camouflage

Pertama bikin Uda pasrah kalo akhirnya harus patah waktu gulung. Dan alhamdulillah hasilnya mulus๐Ÿ™Œ walaupun belum sebagus punya mbak @ms.rinadedik tapi asli ini lembuuuut dan enak bangeeet. Sekali makan langsung habis 2 potong saya๐Ÿ˜„(efek belum sarapan juga) kayanya bakalan jadi resep andalan ni. Ooh iya aku pake teknik all in one ya, jadi semua bahan dicampur jadi satu lalu dimixer sampai putih kental kecuali mentega.

Bolu gulung ekonomis

Bolu gulung ekonomis

Lagi-lagi resep yang ekonomis..mudah..dan yang pastii enak ๐Ÿ˜Š .Recook dari resep Mba Dina

Giraffe Roll Cake

Giraffe Roll Cake

Halo Sobat Cookpad ๐Ÿ˜˜ Bolu Gulung mau lewat dulu. Maafkan bentuknya yang masih kurang rapih, tuk motifnya sedikit kurang mulus haha. Namun bolu ini lembut walaupun tidak memakai banyak kuning telur. Jika sobat tidak mau berbentuk motif pun tidak masalah karena pada dasarnya resep ini adalah resep bolgul moka ๐Ÿ˜. Aku sudah ada beberapa resep bolu gulung, silahkan klik link dibawah ya ๐Ÿ˜‰ Yuk dicoba buat bolgulnya. Selamat mencoba dan happy baking! ๐Ÿ˜˜ Source: Fatmah Bahalwan #cookpadindonesia #cookpad #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id Pink Roll Cake: https://cookpad.com/id/resep/14561136-pink-roll-cake Mocca Nougat Roll Cake (lembut๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘Œ): https://cookpad.com/id/resep/14369891-mocca-nougat-roll-cake-lembut%F0%9F%98%8B%F0%9F%91%8C Japanese Roll Cake (Bolu Gulung): https://cookpad.com/id/resep/14221448-japanese-roll-cake-bolu-gulung Red Velvet Roll Cake: https://cookpad.com/id/resep/14507096-red-velvet-roll-cake?via=you_tab_my_recipes

1 roll
40 menit
Bolu gulung kukus ekonomis anti gagal

Bolu gulung kukus ekonomis anti gagal

wah panjang ya namanya...ini bolu kesukaanku,tapi selalu takut coba buat sendiri..akhirnya bukatkan tekad,dan alhamdulillah berhasil. ini sekaligus recook resep Raisya cooking library. Kali lain mau coba buat lagi dengan penggunaan bahan yang lebiih komplit. dicoba juga resep ini, praktis dan anti gagal.

Matcha Towel Crepe Roll Cake

Matcha Towel Crepe Roll Cake

Kembali dengan matcha yang selalu jadi primadona teh di dapur selain warna nya cakeup bikin hidup jga kalo photo walaupun bentuk nya masih jelek , ga rata gulung nya . Ga perlu matcha Bisa pakai Cocoa Powder, butterfly pea atau taro bisa banget , polos jg bisa . Jadi filling tambahan nya bebas ~ mau kacang merah , strawberry , mangga atau pakai buah lain nya di cocokin aja . Ini Basic adonan crepe jadi gampang banget bahan sama seperti resep sebelumnya tp saya kurangin takaran nya , kalau mau yg 2 telur pakai resep crepe diresep ini https://cookpad.com/id/resep/12369184-greentea-mille-crepes-cake-matcha-crepe?invite_token=RA2c4WiTWmRZ8D4Gez3k2CUd&shared_at=1599384153 ๐Ÿ˜Š tinggal sesuaikan saja mau dibuat seberapa banyak atau seberapa tebal #RollCrepe nya . Saya cukup 4 lembar saja untuk 1 roll . Uk pan nya dia ยฑ 18 Cm . #PejuangGoldenApron2 #PancakeGulung #CrepeGulung #Gulung #KueHanduk #Crepe #TowelCrepe #LayerCrepes #RollCake #Matcha #Greentea #KueHandukGulung #SliceCuteCake

6 Lembar