Bagaimana Menyiapkan Bolu kukus pandan layer keju yang Enak Banget

Dipos pada April 10, 2020

Bolu kukus pandan layer keju

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu kukus pandan layer keju yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Bolu kukus pandan layer keju yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bolu kukus pandan layer keju, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu kukus pandan layer keju ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bolu kukus pandan layer keju oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Bolu kukus pandan layer keju memakai 11 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep aslinya dari video youtube Asahid & TehYung, resepnya2 gampang diikuti khususnya bagi pemula seperti saya, semua resep sama cuma saya pakai loyang 20x20 yang ada dirumah, harusnya sih pakai yang ukuran 16x16 atau 20x10 agar bolunya tinggi cantik.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu kukus pandan layer keju:

  1. 80 gr mentega
  2. 50 gr coklat putih batang (balok)
  3. 80 gr tepung terigu (segitiga)
  4. 20 gr susu bubuk putih (saya pakai dancow sachet)
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. 3 butir telur
  7. 120 gr gula pasir
  8. 1/2 sdt sp
  9. 1 sdm susu kental manis (saya pakai bendera)
  10. 50 gr keju parut (sesuai selera)
  11. secukupnya Pasta pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu kukus pandan layer keju

1
Siapkan loyang persegi 16ร—16, agar tidak lengket loyang diolesi dengan campuran (1sdm minyak + 1sdm mentega + 1sdm tepung terigu).
2
Tim mentega dan coklat putih hingga meleleh, lalu diamkan hingga suhu ruang.
3
Campurkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder, aduk rata lalu diayak, sisihkan.
4
Mixer telur, gula, dan sp hingga putih berjejak (sekitar 15 menit) tergantung kecepatan mixer masing2.
5
Campurkan bahan kering (terigu+susu+bp) ke dalam adonan telur, aduk hingga merata, lalu masukkan lelehan mentega+coklat putih yang telah dingin, aduk rata kembali.
6
Siapkan dalam wadah lain 1 sdm susu kental manis, campurkan 3 sdm adonan tepung dan keju parut, aduk rata. Ini nantinya untuk layer di tengah2 adonan bolu.
7
Sisa adonan dibagi 2 dalam wadah ukuran sama, lalu masing2 adonan teteskan pasta pandan secukupnya (saya masing2 1 sdt).
8
Panaskan kukusan hingga mendidih, jangan lupa tutup kukusan dilapisi kain serbet agar uap air tidak jatuh kepermukaan adonan bolu.
9
Tuang adonan pandan 1 ke loyang, lalu kukus selama 10 menit. Setelahnya tuang adonan skm dan keju untuk layer kedua, kukus kembali hingga 10 menit. Setelah itu tuang adonan pandan ke-2 dan kukus kembali selama 20 menit.
10
Matikan kukusan dan diamkan bolu hingga dingin. Potong sesuai selera. Siap disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kukus tanpa mixer

Bolu kukus tanpa mixer

Si kecil lagi minta dibikini kue nich, karena dompet lagi tipis akhirnya gunakan bahan seadanya didapur.Alhamdulillah si kecil suka ๐Ÿ˜†

2 porsi
30 menit
Bolu Kukus Putih Telur

Bolu Kukus Putih Telur

Biasanya sehabis bikin kue kering pasti ada stok putih telur, nah ini salah satu cara buat menghabiskan stok putel, liat resep di IG nya bunda @bunbun_fafa, enak kuenya lembut ๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

Bolu Kukus Keju 3 M (Murah, Meriah, Makyuss)

Bolu Kukus Keju 3 M (Murah, Meriah, Makyuss)

Resep asli dari Tutty Frutty Selama ini emang kurang suka ama yg namanya bolu. Karena kadang nyobain bolu berasa hanyir telurnya, apalagi klo bolunya yg dipanggang buat cepat kering tenggorokan. Alhasil sampai saat ini klo mau makan bolu paling suka yg kukus. Dan cari-cari resep yg gampang buatnya ya ini. Cocok di lidah dan murah, meriah, maknyoosss Hehehe

5 porsi
60 menit
Bolu kukus jadul

Bolu kukus jadul

6 loyang mini
Bolu pisang coklat

Bolu pisang coklat

Berkreasi dengan bahan seadanya dirumahnya ๐Ÿ˜„

Bolu pisang kukus

Bolu pisang kukus

Lagi banyak pisang,,kepikiran bikin kue..liat2 resep di cookpad,,,banyak caranya..dari yg simpel,,smpe yg bnyak2 bahan..tapi saya coba dgn ala sya..taraaaaa...nendang bangeet..keluargaku pd suka..

1 loyang
1 jam
Bolu kukus oreo #berani baking

Bolu kukus oreo #berani baking

Paling takut yg namanya bikin bolu..takut bantetlah, takut gak lembutlah,dll Liyat 2 resep makanan kekinian..yuk dicoba mudah2n berhasil

13 cup
30 mnt
Bolu Kukus Eggless Chocolatos

Bolu Kukus Eggless Chocolatos

Bolu kukus ini enak tanpa bau telor, nyoklaaaat banget, n gak pake mixer. Hanya aduk-aduk sampe rata aja. No ribet. Ayu pake santan karena inget temen ada yg gak suka pake susu kental manis. Yuuuk.. intip resepnya... ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

15 cup
Bolu pisang coklat lumer

Bolu pisang coklat lumer

Ketagihan buat bolu hampir setiap hari suami dan anak minta buatkan, Alhamdulillah soal rasa lembut dan nyoklatt bangettt bun ๐Ÿ˜Š

Bolu Kukus Lapis Pisang

Bolu Kukus Lapis Pisang

Ini adalah resep yg bener2 aku otak atik sendiri n jd andalan klo lg buru2 perlu cemilan, gampang n nyuuss rasanya...dicobain ya bund....๐Ÿ˜

24 potong
Bolu Kukus Mekar Tahi Lalat

Bolu Kukus Mekar Tahi Lalat

Awalnya recook dari resep "Bolu Kukus Pandan Mekar Kebangetan" postingan bu hadi. Resepnya simpel banget, sekali cemplung aja...jadi gemes pengen nyoba....haha. Akhirnya...di share disini aja, untuk catatan kalau mau bikin lagi. Saya share resep yang saya pakai saja ya....

30 menit
Bolu kukus kesukaan krucil

Bolu kukus kesukaan krucil

Ceritanya anak minta dibikinin bolu kukus, tapi kehabisan stok sp*ite nya.. jadilah pakai bahan seadanya..yaitu "Air Putih" ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ tapi anehnya kagak nyangka juga hasilnya malah lebih mekar dibanding yang pakai sp*ite itu, dan rasanya ga kalah enak kok..meski cuma pakai air putih ajah..lebih sehat juga kan ๐Ÿ˜„ yuk bikin, gampang kok..

Bolu Semangka (Kukus)

Bolu Semangka (Kukus)

Pas lagi ke toko bahan kue, liat loyang utk bolu semangka ini, ya ana beli. Sampai rmh gregetan pengen bikin. Bahan lengkap, langsung ekseskusi deh. Hhehe... Hasilnya mayan enak ;)

2 loyang
45 menit
Bolu Nanas Kukus

Bolu Nanas Kukus

Dibeliin pak suami nanas madu lumayan banyak. Kalo dimakan begitu aja, ga bakal habis. Cari2 resep di cookpad, ketemulah resep bolu nanas kukus. Diliat semua bahannya ada, langsung eksekusi. Alhamdulillah orang rumah pada suka. Udah berkali2 recook resep ini. Source: Amalia Prasetyarini.

Bolu mini kukus ๐Ÿ‘๐Ÿฎ bahan murah tetap lezatttttt

Bolu mini kukus ๐Ÿ‘๐Ÿฎ bahan murah tetap lezatttttt

Emm udah bbrapa hari ini lagi suka buat kue,, mumpung bnyk kponakan lgsung dh eksekusi sndri dgn bahan seadanya murah tpi ttp enak dan lezattt , lgsung ludessss dmkn kponakan q ๐Ÿ˜€

30 menit
Bolu kukus mekarrr

Bolu kukus mekarrr

Seneng bgt kl udah bikin bolu kukus ini ,gak pernah gagal, trus bolu nya mekar sempurna tnp ad penghalang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.. ngeliat bolu bikinan nya ketawa ngakak, yg bikin juga ikutan ketawa ngakak.. ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ Serasa sayang aja utk memakan ny, Jadi ya di plototin aja tu bolu๐Ÿ˜ smbil mikir betapa bangga nya jika membuat sesuatu tidak rusak/gagal, utk mmbuatkan cemilan orang2 tersayang๐Ÿ’ž dgn tangan sendiri.

Bolu kukus simpel..no mixer no oven

Bolu kukus simpel..no mixer no oven

Ini bolunya porsi ukuran kecil ya..soalnya serba 3 sendok mkn..cuma bwt ank ank aja..semoga suka..๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Bolu Coklat Chocolatos

Bolu Coklat Chocolatos

Pengen makan cake coklat, tapi ngga punya DCC & stok coklat bubuk tinggal sedikiiit banget. Ya udah, ganti aja pakai Chocolatos & SKM coklat (^_^) Cakenya empuk, enak, & ngga seret. Yuk dicoba.

1 loyang