Bagaimana Membuat Chocolate Sponge Cake (ogura) yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 10, 2021

Chocolate Sponge Cake (ogura)

Bagaimana membuat Chocolate Sponge Cake (ogura) yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Chocolate Sponge Cake (ogura) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Chocolate Sponge Cake (ogura), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Chocolate Sponge Cake (ogura) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Chocolate Sponge Cake (ogura) bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Chocolate Sponge Cake (ogura) memakai 10 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Source : jeanietay blog

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Chocolate Sponge Cake (ogura):

  1. Bahan pasta :
  2. 70 g minyak sayur
  3. 80 g tepung terigu kunci
  4. 20 g bubuk cocoa
  5. 1/4 sdt garam
  6. 100 ml susu cair
  7. 6 btr kuning telur
  8. meringue :
  9. 6 btr putih telur
  10. 100 g gula halus

Langkah-langkah untuk membuat Chocolate Sponge Cake (ogura)

1
Panaskan minyak dg api kecil sampai suhu 70C (sy ga punya pengukur suhu, sy hanya panaskan sebentar saja, api kecil sekitar 1 menit) matikan api.
2
Masukkan tepung + cocoa + garam yg sudah di ayak, aduk rata dg whisk. Masukkan susu, aduk rata dg whisk Masukkan kuning telur, aduk rata dg whisk (sisihkan)
3
Di tempat yg lain mixer putih telur dan gula di mixer scara bertahap (me 3 tahap) sampai soft peak
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 3
4
Campurkan meringue ke adonan pasta, secara bertahap. Aduk balik dg spatula
5
Tuang ke loyang bulat (me dia. 20cm). Panaskan oven di suhu 195C sekitar 15 menit. Panggang dg teknik Au Bain Marie (pakai loyang double, bawahnya di kasih air suhu ruanh saja sekitar 1 cm). Turunkan suhu ke 160C panggang lagi (me skitar 40 menit) Cara cek kematengan : pencet ringan dg tangan, dan kalau dirasa berbalik (berarti sudah mateng) atau bisa di cek dg tusuk pakai tusuk gigi
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 5
6
Setelah matikan oven, diamkan dulu di oven sekitar 10 menit baru keluarkan. Dan tunggu suhu ruang baru keluarkan dr oven 😆😆 Cake ini bisa di gunakan utk cake dasar ultah juga, tapi agar lebih kokoh sebelum di hias boleh di masukkan di kulkas dulu krn akan lebih mudah dipotong
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 6
7
First trial... bentuk ga keruan krn langsung di keluarin dr oven dan langsung di potong... pdhal sdh mengembang dg sempurna 😣 jd hrs sabar dan hati2
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 7
8
Trial ke dua... tunggu suhu ruang dulu haha
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 8
9
Tekturnya lembut dan ringan
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 9
10
Jd cake ultah
Chocolate Sponge Cake (ogura) - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chocolate chiffon cake

Chocolate chiffon cake

Satu persatu eksekusi isi buku resepnya ci tintin rayner. Suka dengan chiffon karna lembut dan moist ga bikin seret. Pasti sudah banyak yg posting resep ini. Tp sy tuliskan lagi buat sy simpan sendiri juga.

Bolu Milo Tanpa Oven, Mixer & Telur

Bolu Milo Tanpa Oven, Mixer & Telur

Jadi karena lagi #dirumahaja selalu mulut tuh maunya ngemil gitu. Kalau kita Gofood/Grabfood kan lagi menghindari kontak. Jadinya bikin yang simple aja deh ala anak kost/kontrakan. Dijamin enak dan anti ribet (cocok buat aku yang males ribet). Let’s cook Sun!

1 cup gelas/1 porsi
Bolu Kukus Coklat Keju

Bolu Kukus Coklat Keju

Anakku hobi makan jenis roti, kue, bolu. Ini satu dari sekian kesukaan mereka. Next time saya share lagi beberapa resep lainny :)

16potong
45menit
Bolu pisang coklat keju

Bolu pisang coklat keju

Lgi eksperimen ama pisang aja. Klau biasanya bolu pisang pake pisang ambon.. Kali ini nyoba pisang tanduk. Dan trnyata hasilnya lbh enak gak bikin eneg.. Hehehh

Bolu kukus pandan coklat

Bolu kukus pandan coklat

Hujan2 weekend gni pengen buat cemilan buat anak dan suami sambil minum teh.hihihi yuk kt bikin bolkus aja yg gampang.

Bolu Kukus Mekar Meses Rainbow tanpa soda cocok untuk bakulan

Bolu Kukus Mekar Meses Rainbow tanpa soda cocok untuk bakulan

Kali ini mau bikin bolu kukus mekar, karena dr kemaren seliweran di Timeline Twitter bikin ngiler, terusss selama masa pandemi ini aku juga pengen berbagi resep yang bisa dijual atau untuk bakulan supaya mommy2 disini bisa ada peluang usaha. Happy baking!!!

Bolu milo (no mixer takaran sendok)

Bolu milo (no mixer takaran sendok)

Kenapa resepku banyak mengandung milo.. ya karena stok milo g habis2😅. Ini bolu terenak yg pernah sy bikin dengan resep sesimple ini. Tekstur juga lembut syekali🥺. Dijual laku ini mah klo rasanya begini🤣. Resep mba @iramnaw cm modif susu nya aja🤗

Dark cooking chocolate chiffon

Dark cooking chocolate chiffon

sejak demam japanese cotton cake, sekarang kalau bikin cake pasti pake metode au bain marie karna cake nya jadi fluffy lembut banget. Nah kali ini versi coklat, lebih enak dibandingkan pakai coklat bubuk aja

5 porsi
60 menit
Bolu coklat praktis super lembut DEBM

Bolu coklat praktis super lembut DEBM

Lagi pingin banged makan roti²an. Mau selingkuh tp ga mood. Yaudah deh liat² resep brownies, alhasil diutak utik sendiri dg bahan² yg sesuai di jalur DEBM. Hasilnya seperti tekstur bolu gulung (bolu meranti) pas uda dingin pun teksturnya tetep lembut😍 anakku sampe nambah², uti akungnya jg bilang rotinya enak banged,haha bahagia. Bdw ini anti gagal loh😍😍. Yuk cekidot...

Bolu kukus coklat

Bolu kukus coklat

Bolu sederhana

Kue bolu coklat no telur

Kue bolu coklat no telur

Lumayan lah yah untuk pemula yang jarang banget ngadon kue seperti sayah hahaha

Chiffon coklat cake moist dan nyoklat bingit

Chiffon coklat cake moist dan nyoklat bingit

Uda empuk kayak kapas,moist dan nyoklatttt abis. Enakk bgt pokoknya 😅 Yg sempet di foto tinggal ini, krna td krucil uda ga sabar minta cpt2 di comot secara kami pecinta coklat hihihi Td kluar dr oven di balik 15 menit padahal, untung ga mimpes wkwkwk Kali ini ndak pake loyang chiffon, td cuma pake loyang bulat biasa dan berhasil.

Bolu Cokelat Keju Lilsoft

Bolu Cokelat Keju Lilsoft

Iseng-posting di facebook, banyak jg yg mengapresiasi... jadinya makin semangat deh buat lebih banyak kreasi bolu... toping ini toping itu rasa ini rasa itu... hee.

12 orang
45 menit
Bolu kukus coklat cocholatos drink

Bolu kukus coklat cocholatos drink

Bangun pagi pengen camilan yang manis2😊eehh bhan2 komplit buat bikin ginian😁😁

10porsi
30menit