Cara Gampang Menyiapkan Batik Roll Cake yang Lezat Sekali

Dipos pada September 8, 2021

Batik Roll Cake

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Batik Roll Cake yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Batik Roll Cake yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Batik Roll Cake, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Batik Roll Cake enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Batik Roll Cake adalah 2 roll cake. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Batik Roll Cake diperkirakan sekitar 1 jam.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Batik Roll Cake oleh krasi mommy. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Batik Roll Cake memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Padahal sy ga bisa melukis tapi karena penasaran dengan cake yang satu ini, sy memberanikan diri untuk membatik diatas kue yang akhir2 ini lg nghits. Setelah dipraktekkan ternyata tidak terlalu susah kok, kuncinya yang penting telaten dan sabar. Yuk kita ikuti langkah-langkahnya....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Batik Roll Cake:

  1. Bahan adonan motif:
  2. 60 gram gula pasir
  3. 40 gram tepung terigu
  4. 30 gram tepung maizena
  5. 2 sdm susu cair
  6. 1 sdt emulsifier
  7. 2 butir telur
  8. Bahan bolu kukus:
  9. 5 kuning telur
  10. 3 putih telur
  11. 200 gr gula pasir
  12. 1 sdm emulsifier
  13. 50 ml minyak goreng
  14. 80 ml susu cair full cream
  15. 140 gr tepung terigu
  16. 30 gr maizena
  17. 1/2 sdt garam
  18. 1/2 sdt baking powder
  19. Selai strawberry/sesuai selera

Langkah-langkah untuk membuat Batik Roll Cake

1
Cara membuat adonan motif: Campur semua adonan kecuali susu cair, mixer sampai kental lalu masukkan susu cair. Bagi adonan motif menjadi berapa warna sesuai selera.
2
Cara membuat adonan bolu kukus: Mixer telur, gula dan emulsifier sampai kental. Masukkan minyak goreng dan susu cair, kocok rata.
3
Kecilan kecepatan mixer, masukkan campuran terigu, maizena, garam&baking powder, aduk rata. Matikan mixer.
4
Siapkan loyang ukuran 22x22cm, beri kertas motif timpa dengan kertas roti, kemudian lukis motifnya.
Batik Roll Cake - Step 4
5
Setelah selesai dilukis, kukus adonan motif selama 2 menit, angkat lalu tuang adonan bolu kukus selama 8-10 menit, angkat.
Batik Roll Cake - Step 5
6
Balik cake dengan posisi adonan motif berada diatas, lepaskan kertas roti yang menempel, balik lagi dengan posisi adonan bolu kukus diatas, beri selai, lalu gulung selagi hangat.
Batik Roll Cake - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

🍰 Bolu tiramisu 3 lapis

🍰 Bolu tiramisu 3 lapis

Akhir2 ini sering bikin kue krn aku gasuka minuman manis smpai gula darah di bwh rata2 😭. Krn masih ada prsediaan pasta mocca sm coklat bubuk jadinya dibikin bolu 3 lapis kukus. Source : fridajoincoffee tp aku ubah dikit2. Kurang keliatan layer coklat dan moccanya krn kyk nya aku kebanykan ngasih pasta mocca nya 😂. Tp sumpah lembut bgt teksturnya bahkan sampe besoknya ttp lembut.

loyang 18 cm
Bolu Kukus Semangka

Bolu Kukus Semangka

Source : Chalistaa Kitchen Lagi semangat banget bikin jajan yang satu ini. Bahannya mudah di dapat plus gak pake lama bikinnya. Paling pas nuang ke cup aja nih yang rada belepotan sana-sini.. 😅 Kali ini ummi pakai tepung terigu protein rendah yah. Rasanya lebih ringan dan empuk. Bolu kukus ini jajanan pertama yang dulu di icip sama anak lanang. Karena anak pertama, dulu ummi over protected banget sama apapun yang di maem anak lanang. Apalagi dulu dia musuhan sama nasi hampir setahun. Doyannya yang berbau roti gitu. Jaman dulu ya terpaksa beli kalo mo maem bolu kukus. Ato minta tolong tetangga buat bikin bolu kukus khusus buat anak lanang.. hehe.. ampe segitunya. Lha dulu ummi belum bisa masak.. 😂 #WeekendChallenge #SeptemberCeria #Cookpadcommunity_Solo #WongSoloMasak #Kelapa_Klangenanku

9 bh
1 jam
Bolu Kukus Gula Merah Bali

Bolu Kukus Gula Merah Bali

Bikinnya last minuted... 🤗Anti gagal🤗

12pcs(65gr/pcs)
Bolu tanpa mixer dan oven

Bolu tanpa mixer dan oven

Karena di jepang lagi musim dingin, pengen ngemil bawaanya, cmn bahan di rumah ala kadarnya yudh bikin bolu yg gk ribet aja (maaf kurang fto awal2 krna keburu dingin di dapur )

3 orang
30 menit
Bolu ceres

Bolu ceres

Ceritanya ada les dirumah dan lagi ga ada suguhan. Akhirnya dibuatlah ini. Cepet dan enyakk....cuma jadi 6 cup ini ya

Bolu gulung pandan ekonomis

Bolu gulung pandan ekonomis

Variasi lain dr kue daganganku. Sumbernya mbak Ismi Sabrina Ayunani

15 potong
30 menit
Bolu Marimas Cocopandan

Bolu Marimas Cocopandan

Terinspirasi dari marimas yg ada di rumah,kucoba deh bikin bolu,karena anakku suka sama bolu.. sebenarnya dia paling seneng lg kalo di suruh menghias bolunya sih 🤣🤣🤣 alhasil jadilah bolu marimas cocopandan ini 😋 Kupikir ini bantat dan keras eh ternyata malah lembut dan enak, tentunya bikin nagih hehehe...

4-5 porsi
25 menit
Bolu Kukus Kopi

Bolu Kukus Kopi

Ambil dari resepnya @cookingwithhel di YouTube. Resep asli pake kopi Toracafe, saya ganti pake kopi robustanya Excelso yg aromanya lebih kuat. Suka banget sama resep ini karena hemat telur, cuma perli sebutir saja!

Bolu keju gondrong

Bolu keju gondrong

Bolu keju gondrong versi campur jadi satu biar hemat waktu #bolukejugondrong

20 orang
1 jam
Bolu Kukus Merekah

Bolu Kukus Merekah

Mau nyobain bikin bolu kukus lagi setelah sekian lama bikin seringnya gagal suksesnya 2 kali itu juga karena pakai sprite😄dan sekarang nyobain pake air susu dan ternyata Alhamdullilah sukses dan semoga terus sukses seterusnya buat yang masih gagal coba terus ya pantang menyerah... 💪💪💪💪semangattt itu yang penting kalo gagal berati rezekinya anak anak dimakan sekenyang kenyangnya, anak anak ku termasuk pemakan roti ato kue mau yg gagal ato engga pasti habis 😅😅😅 Cara mixernya juga gampang ya All in one, lupa tadi ga difoto step by stepnya karena tadi bikin nya subuhhh yang penuh semangat😍 #Bandung SilihAsaan #CookpadComunity_Bandung

Bolu Tape Jelita

Bolu Tape Jelita

Alhamdulillah sukses😍🤩 meski bunganya gak konsisten 🤭 karena ini bikinnya bareng bocah😁. Waktu pertama bikin, belum berhasil karena masalah di oven. Belum kapok nyoba bikin lagi deh, soalnya nge-bake itu bisa jadi candu🤭

1 loyang
1 jam
Bolu kukus dancow takaran sendok

Bolu kukus dancow takaran sendok

Si kecil ga mau makan. Okrlah buat bolu cemilan yang bikin kenyang.

Satu loyang
45 menit
Bolu Semangka

Bolu Semangka

Kebetulan punya cetakan bolu semangka.. ini resepnya pake resep bolu pada umumnya sih bun. Cuma tinggal kasih warna aja ya..

Bolu pisang mager tanpa mixer

Bolu pisang mager tanpa mixer

Bismillahirahmaniraahim, dirumah lagi ada pisang raja, kalo di goreng rada asem ya, coba bikin yg less effort tapi hasilnya lumayan yuk, serius bund tanpa cape tanpa kocok, aduk aduk jadi deh, emang si tentu hasilnya ga se fluffy kl di kocok. yuk cobain

4 orang
30 menit
Bolu kukus white coffe tabur keju dan ceres

Bolu kukus white coffe tabur keju dan ceres

lg belajar bikin bolu kukus..ntah knp selalu gagal..tp msh aj semangat bikin.

Bolu mandarin kukus

Bolu mandarin kukus

Pagi2 udah hujan,buka2 resep yg sudah di simpan ketemu resep ini punya mba #Dhiahoddie yg gampang dan ada bahanya mulai deh buat buat balu buat temen minum teh di pagi hari di saat hujan

Bolu Kukus Merekah Ekonimis

Bolu Kukus Merekah Ekonimis

Rasa sangat lembut dan bahan samgat sederhana. Dijamin anti gagal

12 porsi
45 menit
Bolu Kukus Semangka

Bolu Kukus Semangka

Minggu ketiga puluh dua #PejuangGoldenApron3

Bolu pasta pandan

Bolu pasta pandan

Rewang di tempat tetangga yg punya hajatan.lg bikin bolu.hoho catat ah resepnya...bantu2 plus dpt ilmu baking...yuk moms merapat..