Cara Gampang Membuat Bolu Gulung Ekonomis yang Lezat

Dipos pada September 7, 2021

Bolu Gulung Ekonomis

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu Gulung Ekonomis yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bolu Gulung Ekonomis yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bolu Gulung Ekonomis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Gulung Ekonomis sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Gulung Ekonomis adalah 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bolu Gulung Ekonomis diperkirakan sekitar 45 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Bolu Gulung Ekonomis dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Bolu Gulung Ekonomis memakai 9 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Udah berkali-kali bikin, akhirnya nemuin resep yang pas dari resepnya mba ricke. Thanks a lot mba ricke.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Ekonomis:

  1. 6 butir Telur Ayam
  2. 70 gram Tepung Terigu
  3. 90 gram Gula Halus
  4. 10 gram Tepung Maizena
  5. 10 gram Susu Bubuk
  6. 1 sendok makan Cake Emulsifier
  7. secukupnya Buttercream
  8. 125 gram Margarin
  9. 1 sendok teh Esens (Essence) Vanila

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Ekonomis

1
Campur semua bahan jadi satu kecuali buttercream dan margarin. Mixer dengan speed tinggi sampai mengembang putih dan kental berjejak. Jika spatula atau mixer diangkat akan meninggalkan jejak pita di adonan.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 1
2
Masukkan margarin cair, aduk rata jangan sampai ada margarin yang mengendap di dasar. Tuang ke loyang ukuran 24x24x4cm yang sudah dioles margarin dan diberi kertas roti dan dioles margarin lagi.. Adonan ini akan menghasilkan 2 buah loyang.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 2
3
Panggang dengan suhu 200 dercel selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukan tes sentuh, jika adonan di sentuh sudah tidak lengket. Jangan overbake yah karena nanti kuenya gak bisa digulung dan patah.
4
Cara mengeluarkan cake dari loyang : Siapkan kertas roti baru, letakkan diatas tempat yang datar, balikka loyang cake diatas kertas roti baru, lepaskan kertas roti yg menempel pada cake. Kemudian balikkan lagi ke atas rak kawat atau tempat yg kering, lepaskan kertas rotinya perlahan agar tidak mengelupas kulitnya.
5
Dinginkan cake. Balikkan lagi cake ke tempat kertas roti yang baru. Beri filling sesuai selera. Kemudian gulung bersama kertas roti dengan cara menekuk cake perlahan sampai benar2 tertekuk. Selanjutnya ikuti gulungannya saja. Diamkan cake bersama kertas rotinya untuk beberapa menit. Baru lepas kertas rotinya.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 5
6
Jika mau dibuat motif batik, sebelum dipanggang, ambil adonan sekitar 1-2sdm dan beri pasta coklat, bentuk garis lurus seperti digambar.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 6
7
Kemudian tarik dengan menggunakan sumpit atau tusuk sate atau tusuk gigi.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 7
8
Kemudian tarik lagi ke arah berlawanan sehingga menjadi seperti pada gambar.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 8
9
Berikutnya panggang sampai matang. Proses pengeluaran cake sama seperti diatas yah. Kalau mau diberi filling buttercream, sisakan sedikit bagian cake yg tidak diberi buttercream, gunanya kalau-kalau meleber buttercreamnya. Beri keju parut di satu sisi saja. Kemudian gulung.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 9
10
Ini contoh pandan cheese roll cake. Fillingnya pake buttercream dan keju parut, atasnya dioles lagi dengan buttercream dan diberi keju parut.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 10
11
Kalau yg ini contoh Chocolate Roll Cake. Fillingnya pake selai chocolate dan atasnya dioles buttercream dan diberi coklat serut. Note : menghias bolu gulung bisa sesuka hati yah, disesuaikan dengan selera dan bahan yang ada saja.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 11
12
Bolgul yang sudah dipotong2, taruh didalam wadah kedap udara agar tetap lembut.
Bolu Gulung Ekonomis - Step 12
13
Siap disajikan ke suami hehehe
Bolu Gulung Ekonomis - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Kukus Merekah

Bolu Kukus Merekah

Mau nyobain bikin bolu kukus lagi setelah sekian lama bikin seringnya gagal suksesnya 2 kali itu juga karena pakai sprite😄dan sekarang nyobain pake air susu dan ternyata Alhamdullilah sukses dan semoga terus sukses seterusnya buat yang masih gagal coba terus ya pantang menyerah... 💪💪💪💪semangattt itu yang penting kalo gagal berati rezekinya anak anak dimakan sekenyang kenyangnya, anak anak ku termasuk pemakan roti ato kue mau yg gagal ato engga pasti habis 😅😅😅 Cara mixernya juga gampang ya All in one, lupa tadi ga difoto step by stepnya karena tadi bikin nya subuhhh yang penuh semangat😍 #Bandung SilihAsaan #CookpadComunity_Bandung

Bolu Pisang Panggang (2 telur)

Bolu Pisang Panggang (2 telur)

Ada pisang ambon udah mateng banget daripada mubadzir kubuat bolu aja malah langsung ludes hehe.. Karena gak ada meses kuganti coklat bubuk. Source : Rini Damayanti (Aqeesha's Kitchen) #cookpadcommunity_Yogyakarta

Bolu pandan Kukus

Bolu pandan Kukus

Assalamualaikum Sudah lama saya gak setor resep.sampai habis bolu nya baru saya posting 😁 Saya setor bolu pandan ini rasanya enak lembut banget mashaallah... ❤️ #telatposting #bolukukus

15 potong
30menit
Bolu Santan 1 Telur (takaran sendok)

Bolu Santan 1 Telur (takaran sendok)

Source : YouTube Bolu 1 telur atau bolu santan ini viral di kalangan YouTuber, texture bolu ini lembut & fluffy, bahannya juga bisa dibilang hemat, seperti apa kelezatan bolu ini...yuuu silahkan dicoba & tonton video pembuatannya Cara pembuatannya bisa dilihat di sini ya : https://youtu.be/5F2q-OQRRCw

1 loyang
Bolu ceres

Bolu ceres

Ceritanya ada les dirumah dan lagi ga ada suguhan. Akhirnya dibuatlah ini. Cepet dan enyakk....cuma jadi 6 cup ini ya

Bolu kukus pelangi

Bolu kukus pelangi

1 loyang
50 menit
#287. Topo Map Love Butter Cake

#287. Topo Map Love Butter Cake

Suka banget ama motif dalaman cake ini. Dari luar keliatan nya biasa, tapi setelah dipotong baru keliatan deh cantik nya 😍😍 #PejuangGoldenApron3 #mingguke35 #Cookpadcommunity_Medan #topmaplovecake

Bolu pandan meses

Bolu pandan meses

ktnya tmen suami mw dtng,trus bngung mw dbwt mkanan apa,, trus kt suami buatkan bolu z bun...

1 loyang
40 menit
3. Bolu Marmer Kukus No Mixer

3. Bolu Marmer Kukus No Mixer

pengen bikin bolu marmer tapi ga punya oven & mixer,,ya udah dikukus aja :) ngocok telurnya penuh perjuangan tapi terbayar dgn hasilnya yg cukup memuaskan & semua suka sama rasanya si bolu..

1 jam 30 menit
Bolu Pisang

Bolu Pisang

inspirasi mbak Pari Purnama

Bolu kukus chocolatos matcha all in one no mixer

Bolu kukus chocolatos matcha all in one no mixer

Malem² dadakan kepengen bikin cemilan yang cepat & praktis😄, karena ada dua bungkus chocolatos matcha jadinya bikin bolkus aja, tinggal kocok pakai whisk, tanpa mixer😉rasanya lembuut😋😋 #cookpadcommunity_cilegon

Bolu Keju Lembut

Bolu Keju Lembut

Bikin bolu keju yang teksturnya lembut. Resep sudah saya modifikasi sedikit. Takaran gula saya kurangi, margarin saya mix dengan butter. Silahkan dicoba resepnya 😊. #CookpadCommunity_Bekasi Source: Mama Aulia Resep asli bisa dilihat disini : https://cookpad.com/id/resep/12047271-bolu-keju-super-lembut?invite_token=gmmyYLonWDu1Rhxgoxqyz4tc&shared_at=1611239744

Bolu Tape

Bolu Tape

Berbagi resep bolu tape yg biasa saya jual hehe #PejuangGoldenApron3

Bolu luwak white koffie

Bolu luwak white koffie

Anaku minta di bikinin bolu katanya ke sekolah bosen kalau bekal nya roti terus,jadi ya sudah bikin bolu ini aja

8 porsi
90 menit
Bolu pasta pandan

Bolu pasta pandan

Rewang di tempat tetangga yg punya hajatan.lg bikin bolu.hoho catat ah resepnya...bantu2 plus dpt ilmu baking...yuk moms merapat..

Kue bolu kukus simple _ bolu simple _ bolu sederhana _ cemilan

Kue bolu kukus simple _ bolu simple _ bolu sederhana _ cemilan

ini bokus resepnya bisa dipakai untuk bolu pisang jga ya mom, krna aq prnh nyoba dan rasany smoth bgt wktu pake pisang. brhubung pisangny sudah habis yaudh pake mesis aja.. hiihii..

2-3 horang
30menit.