Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Gulung Pandan Keju yang Lezat Sekali

Dipos pada November 19, 2021

Bolu Gulung Pandan Keju

Hari ini saya akan berbagi resep Bolu Gulung Pandan Keju yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bolu Gulung Pandan Keju yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Gulung Pandan Keju, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Pandan Keju sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bolu Gulung Pandan Keju biasanya untuk 12 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, kira-kira waktu penyiapan Bolu Gulung Pandan Keju diperkirakan sekitar 1 jam.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Gulung Pandan Keju dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Bolu Gulung Pandan Keju memakai 21 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Pandan Keju:

  1. Bolu/Sponge
  2. 3 pcs Kuning Telur
  3. 2 pcs Telur utuh
  4. 75 gr Gula Pasir
  5. 30 gr Santan Instan
  6. 30 gr Margarin
  7. 1/4 sdt Pasta Pandan
  8. 1 tetes Vanila essence
  9. 40 gr Tepung terigu Protein sedang (segitiga biru)
  10. 12 gr Maizena
  11. 10 gr Susu Putih bubuk
  12. 1/4 sdt Baking Powder
  13. 2 cubit garam
  14. Buttercream
  15. 200 gr Margarine
  16. 80 gr Gula Halus (saya: gula pasir diblender)
  17. 2 sdm Susu kental manis putih
  18. 1 tetes Vanila essence
  19. Isian
  20. 100-150 gr Keju Cheddar Parut
  21. 2 sdm Susu Kental Manis Putih

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Pandan Keju

1
Buttercream: Pastikan margarin dalam suhu ruang dan lembek. Campurkan margarin dengan gula halus menggunakan spatula (supaya tidak terbang gulanya ketika di mixer). Kemudian mixer kurang lebih 15 menit, kemudian masukan susu kental manis. Mixer kembali kurang lebih 15 menit. Setelah itu simpan dalam kotak kedap udara. Bisa disimpan dikulkas supaya tahan lama karena di resep ini tidak akan dipakai semua.
2
Bolu/sponge: Panaskan santan, margarin smp leleh. Kemudian matikan api dan masukan pasta pandan dan vanila. Sisihkan
3
Masukan telur dan gula ke dalam baskom/mangkok besar kemudian mixer hingga putih pucat, kental dan berjejak kurang lebih 15 menit.
4
Ayak tepung terigu, maizena, susu bubuk, baking powder dan garam.
5
Masukan ayakan tepung kedalam adonan telur aduk dengan teknik folding. Sampai rata.
6
Ambil sedikit adonan masukan dlm mangkok/panci berisi margarin, santan dan pewarna yg masih hangat (jangan panas /dingin) aduk rata. Ini mencegah adonan dan margarin tidak rata dan mempercepat tercampurnya.
7
Masukan campuran tadi kedalam adonan, campur dengan teknik folding hingga rata.
8
Baking : Siangkan loyang 28x22x2 Lapisi dengan kertas roti. Tuangkan adonan bolu. Ratakan adonan dan banting2 sedikit supaya gelembung udara besarnya hilang. Panggang dalam oven 180°C api atas bawah 7-10 menit hingga warna coklat merata. Keluarkan dan banting2 supaya tidak kempes.
9
Keluarkan dari loyang bagian coklat ditaruh di atas kertas roti kemudian lepaskan kertas roti yg menempel (bagian bawah), jadi bagian atas terbalik ya. Kemudian gulung selagi panas perlahan dg kertas roti, tahan selama 30 detik, kemudian buka kembali gulungan dan diamkan hingga dingin.
Bolu Gulung Pandan Keju - Step 9
10
Setelah dingin tuang susu kental manis pada ujung sisi yg akan digulung pertama, secara garis lurus.
11
Oleskan buttercream pada permukaan bolu secara rata, kemudian tambahkan buttercream lebih tebal pada bagian yg terkena susu kental manis ini supaya nanti bagian tengah bolunya bisa tebal. Kemudian taruh keju parut diatasnya (bagian ujung aja yah) kemudian padatkan kejunya. Pada bagian ini pastikan padat yah supaya ketika dipotong tidak berantakan.
12
Gulung bolunya dan padatkan. Gulung dg kertas roti, oleskan buttercream pada ujung supaya rata dan lipat ujung kertas roti dan masukan dlm kulkas kurang lebih 2 jam hingga dingin dan agak keras si buttercreamnya.
13
Potong menjadi 12 potong dan sajikan.
Bolu Gulung Pandan Keju - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cake / Bolu Keju Praktis dan Ekonomis

Cake / Bolu Keju Praktis dan Ekonomis

Pengen bikin cemilan untuk keluarga, tapi yang ga ribet dan cepet.. cobain ini deh moms.. terisnpirasi dari chef Law Thomas. Bolu nya lembut wangi dan yg pasti endulita ya moms.. yuk dicobain dan jangan lupa cooksnap yaa.. 😉

Bolu Kukus Mekar sprite

Bolu Kukus Mekar sprite

Siapa sih ga suka kue bolu kukus ini? Rugi banget deh dan harus coba bun utk cemilan anak anak dirumah.

15 porsi
1 jam
Bolu Koja 2 telur

Bolu Koja 2 telur

Udah hampir deadline posbar masakan khas Palembang,lagi diskusi sama mamak tiba-tiba teringat bolu kesukaan ini,gak nyadar ini khas Palembang juga...😅 Cuuus kita buat versi ekonomisnya 😆 #CookpadCommunity_SumUt #PejuangGoldenBatikApron #Horas_ArsikKePalembang #Rekreasi_Palembang

25 potong
1 jam 30 menit
Chiffon Cake Coffee Oreo

Chiffon Cake Coffee Oreo

Source : @baking_ketje Hari Sabtu waktunya Semarak Clovers,tema Minggu ini dari pemenang arisan mbak Thea,mbak Thea menantang untuk cooksnap salah satu dari tiga resepnya,aku pilih Chiffon Cake Coffee Oreo ini karena aku penggemar chiffon cake,kempus² enak gitu 🤤 dan chiffon cake coffee oreo ini enak banget,perpaduan kopi dan oreo itu cocok banget 😋 Disini aku tambahin siraman glaze dari kopi juga biar lebih ngopi lagi,resepnya sama seperti bikin Dalgona Coffee tapi lebih encer 😂🤭 Nyummmmy 😋😋😋 #GABakingKetje #Semarak_GABakingKetje #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang #PejuangGoldenBatikApron

Bolu Kukus Buah Naga

Bolu Kukus Buah Naga

Minggu ke-4 (Jumat, 25 February 2022) #PejuangGoldenBatikApron #week4 #CookpadCommunity_Bandung #cocomba

1 loyang
60 menit
Bolu Panggang Lembut

Bolu Panggang Lembut

Pas lihat moist dan lembutnya, excited banget jadinya,.. 😅, sesuai dengan ekspektasi banget

16  slice
Bolu kukus takaran sendok🧁

Bolu kukus takaran sendok🧁

Pengen cemilan roti²an,tapi ngga ada ide,tapi isi kepala terngiang² chiffonnya dea bakery😅..cari inspirasi lain,yg bahannya ada didapur,dapetlah resep bolu empuk ini dari ytb,mayan buat temen ngeteh sambil menikmati suasana hujan. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok #Cakekukus

Bolu Jadul Ekonomis Lembut (oven tangkring)

Bolu Jadul Ekonomis Lembut (oven tangkring)

Assalamualaikum semuanya 😍 Ini adalah bolu jadul saya dari sekian eksperimen yg saya lakukan. Berawal karena mau ada acara tahlilan akhirnya nekat lah saya mencobanya lagi. Yaa sebenarnya takut gagal sih🤭. Namun karena ada support orang terkasih akhirnya saya memberanikan diri mencobanya lagi. Dan Alhamdulillah untuk kali ini berhasil sesuai harapan saya.

30 menit
Bolu pisang takaran sendok (no mixer, no oven)

Bolu pisang takaran sendok (no mixer, no oven)

Cemilan enak murah dan mudah membuat nya ☺

25/30 menit
Bolu kering mini

Bolu kering mini

Bisa untuk ide usaha rumahan ni bun, rasanya mantullll , dan tahan lama pastinya #PejuangGoldenBatikApron

Ogura cheese cake

Ogura cheese cake

Untuk menyimpan resep dagangan Sumber : cookpad

Bolu Kukus Pisang Gula Palem

Bolu Kukus Pisang Gula Palem

Source : Luvita Ho ( dengan Modifikasi )

Bolu Kukus (Tiramisu)

Bolu Kukus (Tiramisu)

Resep bolu kukus terrrrbest anti gagal favorit sekeluarga! Ini kalo gak mau rasa tiramisu juga bisa dirubah pake rasa apa aja ya, tinggal adjust aja sesuai selera. Resepnya Mak Fridajoincoffee dahlah mantappu 👍🏻 Source: @cook_5237292

30 menit
Puding Coklat Vanila (Dari Bolu Bantat)

Puding Coklat Vanila (Dari Bolu Bantat)

Week 5 _ Selasa, 1 Maret 2022 Niatnya bikin bolu kukus coklat vanila buat ultah ponakan. Udah pede ngukus pake dandang dua sekaligus buat dua loyang, nyalain api, pasang timer, tinggal main hp. Timer bunyi langsung cek kompor doong. Eeh ternyata apinya mati dong ternyata gasnya habis pas pertengahan ngukus 🤦🏼‍♀️ lihat bolunya baru ngembang dikit, ganti gas udah ngambek ngga mau ngembang lagi 😭 Akhirnya buru2 ngadon lagi, ngukus lagi alhamdulillah jadi. Tapiii...bolu yang ngambek ini mau diapain??? Emak2 sayang doong buang 2 loyang* mana ga ada yg mau makan. Dibikin puding lah jadinya, kalo begini sih jadi doyan semua 🤭 *Loyang bolu bulat uk 18 cm #PejuangGoldenBatikApron

Bolu kukus pandan

Bolu kukus pandan

ceritanya lagi kepengen klepon cake nih bund, tapi karna males marut kelapa. jadilah di toping keju+almond😂🙈. berakhirlah nama menjadi bolu kukus. bukan klepon cake😂😅

30 menit
Bolu Mentega Almond

Bolu Mentega Almond

Bolu Mentega atau Bolu Jadul, bahan simpel,hemat telur. Pemakaian margarin saya padukan dengan butter supaya lebih lembut#BoluJadul#CookpadCommunity-Indonesia#CookpadCommunity-Semarang.

12 potong
Bolu Macan Wanna be :)

Bolu Macan Wanna be :)

Bikin bolu motif macan lagi, tapi ini versi buttercake, walaupun hasil akhirnya bukan seperti motif macan, tapi jadinya motif abstrak, saya salah tuang adonan polosnya harusnya pakai sendok sayur, tapi karna maunya cepet² beres jadi kurang teliti,hihihi, tapi bolu ini enak, wangi butter dan lembut teksturnya, saya bikin ini buat saudara yang awalnya pengen marmer cake, biar beda saya buatin bolu macan abstrak.. :) PejuangGoldenBatikApron Source : Cik Linda

Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

Nyantai sore sambil minum susu murni & bolu pisang. Dijamin sehat!

3-4 porsi
50 menit
Bolu Oreo

Bolu Oreo

#5 Menyempatkan cooksnap arisan #GenkPeDa minggu ini resep dari mba @RuDes.. Saya pilih bolu oreo nya krna selalu ada stok oreo dan jarang terjamah😅 #CookmemberGenkPeDa2_Ruth #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Bolu Gulung Batik

Bolu Gulung Batik

Bismillah.. Alhamdulillah sudah mau berakhir pekan lagi.. Hari ini Belajar membatik tp bukan membatik kain melainkan membatik bolu.. 😁😁