Bagaimana Menyiapkan Bolu Jadul yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada August 30, 2022

Bolu Jadul

Anda sedang mencari inspirasi resep Bolu Jadul yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Bolu Jadul yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bolu Jadul, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bolu Jadul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Jadul sekitar 1 loyang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bolu Jadul diperkirakan sekitar 45 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Jadul sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Bolu Jadul memakai 7 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Nunggu suami pulang kerja. Bayi masih anteng dikasurnya. Bingung mau ngapain. Bikin bolu aja, emang lagi pengen juga.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Jadul:

  1. 200 gr terigu serbaguna
  2. 160 gr gula pasir
  3. 200 gr mentega (lalu cairkan, biarkan suhu ruang)
  4. 5 butir telur
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. 1 sdt sp
  7. 2 pewarna makanan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Jadul

1
Siapkan bahan-bahan. Siapkan loyang lalu oles margarin tipis-tipis, lalu taburi terigu sedikit saja, yang penting margarin tertutup oleh terigu.
2
Kocok telur, gula pasir, sp, hingga mengembang, putih pucat berjejak dan tidak berbusa. Dengan mixer speed tinggi.
3
Campur baking powder dengan terigu. Masukan pada adonan telur sedikit-demi sedikit sambil disaring. Kocok menggunakan mixer speed sedang.
4
Setelah terigu dan adonan telur sudah menyatu. Matikan mixer, masukan mentega cair. Aduk menggunakan spatula, teknik aduk balik/ lipat. Pastikan mentega cair tidak ada yang tersisa pada dasar baskom adonan.
5
Siapkan 2 mangkuk untuk membagi adonan menjadi 3 warna. Beri warna berbeda pada masing-masing mangkuk (saya pakai warna coklat, hijau, dan warna asli dari adonan).
6
Siapkan oven (saya pakai oven tangkring). Pada sesi ini mulai nyalakan kompor pada api sedang cenderung kecil, tapi jangan terlalu kecil. Buka ventilasi atas oven tangkring, agar tidak terlalu panas dan tidak berbau asap ovennya.
7
Tuang adonan coklat sedikit pada satu sisi, lalu sisi sebelahnya tuang sedikit adonan hijau, lalu sebelahnya tuang adonan warna polos. Jadi ada tiga sisi pada dasar loyang. Tiban adonan coklat dengan warna hijau, tiban adonan hijau dengan warna polos, tiban warna polos dengan warna coklat. Lakukan hingga adonan habis.
8
Setelah seluruh adonan habis dituangkan pada loyang. Masukkan loyang kedalam oven letakan pada rak bawah. Panggang selama 15 menit. Lalu setelah 15 menit, pindahkan loyang ke rak atas. Panggang selama 30 menit.
9
Setelah 45 menit (total akumulasi panggangan). Tes tusuk adonan pakai tusukan sate. Pastikan tidak ada adonan yang menempel pada tusukan sate. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel pada tusukan sate, berarti adonan bolu sudah matang.
10
Setiap oven tangkring berbeda-beda. Maka pastikan keadaan oven masing-masing saja.
11
Setelah matang. Keluarkan loyang dari oven, biarkan sekitar 5 menit. Setelah 5 menit baru keluarkan bolu dan dinginkan pada rak pendingin (jika punya) atau pada piring lebar. Potong sesuka hati. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

3. Bolu Panggang Keju

3. Bolu Panggang Keju

Hujan2 ngga ada cemilan rasanya seperti ada yg kurang πŸ˜‚ mumpung ada bahan jadi langsung otw dapur.. Let's go 🀀🀀🀀

1 jam 30 menit
1. Bolu Pandan Sederhana

1. Bolu Pandan Sederhana

Di saat santai lebih menyenangkan dengan ditemani cemilan sehat dan sederhana.

4 porsi
1 jam
Bolu Pandan Panggang

Bolu Pandan Panggang

Hasil recook resepnya bunda Mimii any Nu amoorea, enak, ngga seret, wangi, lembut, dan empuk.

1 Jam
Bolu Kukus Pisang Gula Merah

Bolu Kukus Pisang Gula Merah

Mau ikutan bikin resep Bolu Kukus Gula Merah tp ini sayang ada sisa pisang 3 buah, mau dibuang sayang ya udah dibikin aja bolu nyobain pake gula merah eeeehhhh ternyata rasanya enak banget (kt temen2 bukan kt sy) #CookpadCommunity_Bogor #GA_TheNextLevel #PekanPosbarManisGurih #AkuManis #KampungRamadan #PekanPosbarManisGurih

Bolu Pisang Almond

Bolu Pisang Almond

Versi amatiran yang copy resep dari seorang mommy di Cookpad. Hasilnya GAK MENGECEWAKAN 😍

5 orang
1 jam 30 menit
Bolu kojo (ala2) πŸ‘Œ

Bolu kojo (ala2) πŸ‘Œ

Dpt resep kue ini dr ig nya cookingwithhel, simple bgt, enak, rasa2 kyk kue lapis gt.. Kl resep asli pk daun pandan pasti rasanya lbh enak, ini sy ganti dg pasta pandan n coba 1/2 resep dulu.. Tampak spt bantet, tp ternyata lembut enak..

1jam 30 mnt
Bolu Keju

Bolu Keju

Beberapa kali bikin bolu hasilnya mengecewakan. Bantat, ga ngembang, gosong, dll. Kali ini mencoba dan hasilnya πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘. Bikin seneng hati ini.....

Bolu pisang barangan

Bolu pisang barangan

Banyak pisang barangan di rumah udh pada item2. Mending bikin bolu aja deh

10 porsi
1 jam 15 mnt
Bolu Pandan Jadul

Bolu Pandan Jadul

Hasil Recook dari Risma Mawarsari

Bolu Kukus Mekar anti gagal tanpa Soda

Bolu Kukus Mekar anti gagal tanpa Soda

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah kali ini bikin kue kesukaan si anak satu-satunya. Suka banget dia sama kue ini. Biasanya beliπŸ˜„πŸ˜„. Mencoba untuk pertama kali, puas dengan hasilnya karena mekar dengan sempurna. Pas buat berbuka puasa Hari iniπŸ₯°πŸ₯° Sumber : Rhima Mustika #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel #DutaRecookBeraksi #DutaRecookBanjarmasin #PejuangGoldenApron3 #mingguke44

Bolu Pisang Panggang Eggless

Bolu Pisang Panggang Eggless

Source : Dapur Deis Sengaja bikin ini utk request paksu yg tempo lalu kehabisan bolu pisang. Mumpung belio hari ini wfh jadi bikin ini. Ini bolu termudah yang pernah aku bikin dan hasilnya enak πŸ‘Œ

Chiffon Cake Keju Selembut Kapas

Chiffon Cake Keju Selembut Kapas

Baking hari ini ✨ Nyoba bikin chiffon cake pakek all in one metode, ternyata bisa lho! Nggak perlu lagi dehh ribet-ribet misahin bahan basah, bahan kering, belum lagi bikin meringue Pakek all in one metode bener-bener semua bahan dicampur diawal tinggal mixer dan hasilnya super fluffyyy selembut kapas

1 jam
Bolu Macan/Zebra Putih Telur (Rebake)

Bolu Macan/Zebra Putih Telur (Rebake)

18/05/2021 (316).....(16/05/2021) msh punya putih telur,lumayan byk di kulkas,pas mba @tin_tientien share resep bolu macan zebra putih telur jd pengen bikin,dulu jaman sy kecil mama dan tante sy sering bikin tp bkn dr putih telur,pas anak2 sy liat motif yg sy bikin mrk blg kyk jaring Spiderman ma πŸ˜„ #PejuangGoldenApron3 #Source @tin_tientien

Chiffon Loreng

Chiffon Loreng

Rebake resep mbak Tintin

Bolu Putih Telor

Bolu Putih Telor

Memanfaatkan putih telor yg numpuk dikulkas, meskipun cm pake putih telor tp bolunya tetep lembut nggak seret

Bolu jadul lembut enak empuk

Bolu jadul lembut enak empuk

Uda beberapa kali bikin bolu jadul. Kali ini rasanya paaas bener. Lembut enak dan moist.. nagiih mau bikin lagi pokoknya..

Bolu Ketan Hitam Panggang

Bolu Ketan Hitam Panggang

Karena di kukus udah bosen, sekalian nyobain oven baru *sombong mak*πŸ˜…πŸ€£ nyoba bikin kali aja yang mau order πŸ˜™

Bolu pisang ekonomis

Bolu pisang ekonomis

Jadi ceritanya dirumah lagi banyak pisang coba deh eksekusi

30 potong
45 mnt
Bolu Kukus Pisang 1 Telur

Bolu Kukus Pisang 1 Telur

Karena banyak pisang yg udah matang,bingung mau di jadi in cemilan apa,tapi punya 1 telur dan terigu biasa, buat bolu kayak nya enak juga yaa sama nugget pisang.. cuss bikiiiinnn😻

2 orang
20-30 menit
Bolu Kukus Tape Ketan Hitam

Bolu Kukus Tape Ketan Hitam

Ngemil sesuai budget yg ada, buat bolkus tape ketan hitam karena stok dilemari es ada tape dan 1 butir telur. Menurut aku bolu ditambah dengan tape rasanya unik ya karena ada sedik rasa asam,manis 😊. Ini saya buat dua fersi, versi mekar dan versi datar/mingkem....caranya dgn pengaturan panas api kompor *~jika menginginkan bolu mekar,...adonan dikukus di api besar dan air sudah mendidih. *~ jika menginginkan bolu mingkem,....adonan dikukus di api sedang (air dalam dandang sudah mendidih) Sc; tabloid saji #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget