Bagaimana Membuat Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon yang Enak Banget

Dipos pada October 23, 2022

Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon memakai 26 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

31 Januari 2021 Bismillah Mencoba tantangan membuat batik roll cake versi panggang. Source moucup

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon:

  1. Bahan pattern :
  2. 3 telur
  3. 1 kuning telur
  4. 45 gram gula pasir
  5. 1 sdt sp
  6. 35 gram + 2 sdm tepung terigu protein rendah
  7. 5 gram maizena
  8. 5 gram susu bubuk
  9. 63 gram butter cair
  10. 1 sdm skm putih
  11. Bahan cake :
  12. 4 butir telur
  13. 1 kuning telur
  14. 100 gram gula pasir
  15. 1 sdm sp
  16. 100 gram tepung terigu sedang
  17. 20 tepung maizena
  18. 10 susu bubuk (sy creamer)
  19. 125 gram butter cair
  20. 1 sdm skm putih
  21. Tambahan :
  22. Pewarna makanan (biru, kuning, hitam)
  23. Tepung terigu protein rendah
  24. bag Piping
  25. Butter cream (sy selai)
  26. Loyang 25*35 (sy 26)

Langkah-langkah untuk membuat Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon

1
Sediakan pattern batik bebas, boleh print atau gambar sendiri seperti saya.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 1
2
Cara membuat adonan pattern. 1.Mixer telur, gula, sp sampai mengembang kaku sekitar 8 menit. 2. Masukkan campuran bahan kering yg sudah di ayak secara bertahap. 3. Masukkan campuran butter & skm secara bertahap. Aduk balik rata dgn spatula.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 2
3
4. Bagi adonan & timbang : Warna putih 15 gr + 2 gr terigu Warna biru muda 10 gr + 2 tetes pewarna biru +1-2 gr terigu Warna biru sedang 10 gr + 8 tetes pewarna biru + 1-2 gr terigu Warna biru tua 10 gr + 1/2 sdt pewarna biru + 1-2 gr terigu Warna hitam 30 gr + 3/4 sdt pewarna hitam + 3 gr terigu Masing-masing warna di aduk rata masukkan piping bag.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 3
4
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 4
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 4
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 4
5
1. Mixer telur, gula, sp sampai mengembang kaku sekitar 8 menit. 2. Masukkan campuran bahan kering yg sudah di ayak secara bertahap.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 5
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 5
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 5
6
3. Masukkan campuran butter & skm secara bertahap. Aduk balik rata dgn spatula. 4. Campur sisa bahan pattern.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 6
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 6
7
5. Ambil 280 gr beri 3 sdt pewarna kuning. Tuang dan ratakan di atas pattern. Hentakan. Saya cuma kira-kira aja. 6. Panggang dgn suhu 180°C rak atas selama 5-6 menit (saya pakai otang).
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 7
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 7
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 7
8
7. Lalu tuang adonan putih, ratakan. 8. Panggang kembali dgn suhu 150°C selama 20-30 menit rak tengah. Saya pakai otang kira-kira cuma 12-15 menitan menitan. 5 menit pertama pakai api besar lalu masukkan masukkan air panas dalam loyang di bawahnya. Oven lagi sekitar 12 an. Pakai api sedang. Saya rada kebablasan sedikit.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 8
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 8
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 8
9
9. Keluarkan dari oven, dinginkan sebentar. 10. Keluarkan dari loyang. Balik cake lalu lepaskan baking paper perlahan. 11. Kemudian balik lagi, oles selai. Gulung. Pastikan rapat. Diamkan 30 menit. Karena saya pakai oven 26 takut mbleber jadi ngga semua adonan putih saya tuang. Saya sisakan buat bikin 4 cupcake kecil.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 9
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 9
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 9
10
12. Batik Rollcake siap disajikan. Ada patah krn waktu ngoven sedikit lama. Trial pertama ini saya pakai selai nanas, saran saya pakai selai yg paletta yg encer itu atau buttercream.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 10
11
Krn masih kurang puas saya buat lagi ya, dgn pattern gambar lagi dari Google. Adonan pattern ambil dari bahan cake. Warna kuningnya saya langsung aplikasikan di kertas. Yg sebelumnya beda ya, adonan kuning dituang setelah pattern biru hitam di oven 2 menit. Yg ini polesannya saya cuma pakai skm putih ya.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 11
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 11
12
Alhamdulillah hasilnya lebih lembut dari yg sebelumnya, dan otif batiknya dapet sayang nggulungnya kebalik. Ini yg bagus malah jadi madep bawah. Tetapi puas ya karena bisa belajar mbuat versi panggang. Untuk yg versi kukus sudah pernah buat, cuma belum terdokumentasi jd next smg bisa buat lagi. Selamat mencoba ya teman-teman. Pelajari dulu bahan dan cara membuatnya semoga berhasil lebih sempurna.
Batik Roll Cake Versi Oven Motif Mega Mendung Cirebon - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

Source : @elliyeyin . . #pisang #bolupisang #bolupisangkukus #bolupisangkukustanpamixer #olahanpisang

1 loyang
60 menit
Bolu pisang panggang

Bolu pisang panggang

Saya punya pisang 1 tandan. Bingung mau diapakan pisang sebanyak itu, akhirnya cari resep bolu pisang panggang. Resep ini saya ambil dari youtube "mama fikha"

2 porsi
20 menit
Bolu Kukus Singkong 🌻

Bolu Kukus Singkong 🌻

Kangen kue bikinan emak, terus buka2 bikin resepnya, eh nyobain resepnya yg dishare buat ibu2 PKK tahun 1994, resep asli pakai pasta pandan tapi karena suami kurang suka pewarna jadi saya buat warna asli singkongnya aja.. Selamat mencoba resepnya ya mom's ❤️ #DiRumahAja #DiRumahAta #ResepDiRumahAta #ResepBoluKukusSingkong #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity_Indonesia #CookpadIndonesia

24 potong
1 Jam
Bolu Moka Lembut

Bolu Moka Lembut

Lg pengen makan bolu yg lembut, tp ngga mau yang terlalu ringan kayak kapas. Ubek-ubek resep, nemu bolu moka mba Fitsas yg udah lama dicookmark. Cuzz eksekusi. Hasilnya sesuai dengan keinginan. Yuummmm 🤤🤤 #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda

Bolu pisang

Bolu pisang

karna anakq yg no 2 susah makan apalagi bru siap sakid dicari la segala cara biar ada kalori yg masuk, salah satunya ya ini bolu pisang, karna dia mmg suka pisang, prnah sekali dikasi bolu pisang dari aroma, dia suka, tp sayangnya di sini gak ada tokonya, jadi cari resep d cookpad, ketemu resepnya mbak watty

40 menit
Bolu marmer/marmer cake super lembut dengan metode all in one

Bolu marmer/marmer cake super lembut dengan metode all in one

Ini marmer cake terlembut yang pernah aku buat ya teman teman...ini menggunakan teknik all in one,yaitu mengocok telur,gula,tepung,tbm menjadi satu.teknik ini biasa menghasil kan kue yang lembut,berpori halus,dan agak lembab😃.pokonya ga bikin seret di kerongkongan deh😉selamat mencoba ya ..semoga berhasil Source:sobat dapur

1 loyang 24 cm tinggi 7 cm/25 cm tinggi 10 cm
Bolu Jerman

Bolu Jerman

All in One Kue bolu jerman adalah Sebuah kue bolu yang lebih bertekstur sangat lembut dan empuk dan juga membuat semua orang ketika mulai mengigitnya nya saja rasanya begitu halus dan lembut. menurut sejarahnya kue bolu jerman bukan berasal dari negara jerman di eropa melainkan yang membuat pertamanya adalah seseorang yang bernama german jadi kue ini di namakan kue bolu jerman / german cake yang tentunya sudah tak asing lagi di indonesia dan seluruh dunia banyak yang mengakui kelezatan kue yang satu ini. Banyak orang yang tak tau asal usul sebenarnya dan asal menulis saja nah ini saya juga baru tau sejarahnya. Jadi bolu german atau jerman yang berasal dari orang bernama german dan sampai sekarang di kenal sebagai bolu jerman. Resep asli dari Tintin Rayner yang di rebake oleh #RememberGenkPeDa_GriyaSyari https://cookpad.com/id/resep/13542607-bolu-jerman-all-in-one?invite_token=6nbmzuSyPiNBAJUxgBt4C43o&shared_at=1614524421 Dan saya mencoba merebake kembali🥰 Silahkan dicoba🙏 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

1 Loyang D20cm
Chiffon anti gagal super lembut

Chiffon anti gagal super lembut

Kali pertama buat chiffon dan hasilnya wow bngt si ya.. ga pake gagal. Asal ikutin tips nya insha Allah berhasil. Dan aku pake otang lho, dan loyang tulban. G pake loyang chiffon ❤️❤️

Bolu marmer putih telor empuk dan lembut

Bolu marmer putih telor empuk dan lembut

Copas resep dari mbak yuli Resep asli 2x resep yang saya bikin ini

3 orang
45 menit
Bolu jeruk mandarin

Bolu jeruk mandarin

Punya stok jeruk berlebih kiriman dari teman, tapi anak-anak sangat anti buah-buahan akhirnya daripada busuk aku olah jadi cake biar anak-anak mau menjamah. Resep asli dari Ricette dolci yang aku ambil dari ally.Bahri sebenarnya pakai jeruk mandarin, tapi aku nggak tahu jeruk apa yang aku punya ini, nekat aja ikutan resep ini, hasilnya.... yummy... lembut aroma jeruknya masih terasa banget jadi segar nggak bikin eneg. Kalau mau lihat video prosesnya bisa disimak di youtube channel : Rotiku by nannos

40 Bolu pisang 😍

40 Bolu pisang 😍

Kemarin beli pisang barangan..hari ini tuh masih sisa 2 tapi udag Mateng cuss deh kita olah buat cemilan sore nanti #PejuangGoldenApron3

40. Classic Marble Buttercake

40. Classic Marble Buttercake

Duluuu pernah bikin marble cake tp bantat 🤣 trus takut mau bikin lagi. Eh nemu resepnya Teh Ricke telurnya cm setengah resep yg lain. Memang lebih sedikit isinya trus bikinnya praktis all in one, gak dipisah telur putih dan kuning. Sy pakai full margarin tp menurut sy itu aja udah enak dan wangi, apalagi pakai butter 😍

Bolu Pisang Sederhana Tanpa Mixer

Bolu Pisang Sederhana Tanpa Mixer

Kali ini cerita yang datang dari tiga buah pisang ambon yang sudah beberapa hari di dalam kulkas. Pisangnya sudah bonyok, sayang sekali kalau dibuang, jadi terlintas pikiran untuk mengolahnya menjadi bolu pisang rumahan sederhana dengan rasa yang enak, dan tentunya bisa dinikmati bersama keluarga di rumah, yuk simak cara buatnya😉 Instagram : http://Instagram.com/dora_akfin_rahadian #bolu #bolupisang #bolupisangrumahan

5-8 Orang
45menit
Bolu Jadul Panggang

Bolu Jadul Panggang

Ceritanya lagi pengen banget baking, tapi pengen bahannya yg simpel2 dan yg ada dirumah aja .. Akhirnya bikin bolu jadul ini, bahan simpel ga ribet tapi rasanya enak banget 😍😍

1 Loyang
2 jam
Bolu Kukus

Bolu Kukus

MANDA BAKES!! 😱😱 Aku tuh puaaaaliingggg benci baking dr dulu. Menurutku baking tuh superrr ribet, salah bahan dikit.. bantet lah, kering lah, pecah lah. Aduh males banget. Tapiii, suami udah lama minta dibikinin kue2 kexil buat temen nonton TV atau siapin khotbah. Kemarin lg ngubek2 Cookpad, ketemu resep bolu kukus dari Tante Tintin Rayner, sang jagoan baking. Dijamin oke punya lah ya 😁 liat resepnya gampang, bahannya juga gampang didapet. Let’s give it a try!! 💥🎉

10 cup
30 menit
Bolu Gulung Meses Cokelat Parrot

Bolu Gulung Meses Cokelat Parrot

Pecinta cokelat mana suaranya? Kamu yang mengaku sebagai penikmat cokelat sejati, cobain dulu resep bolu gulung meses cokelat parrot ini. Tekstur bolu lembut dengan rasa cokelat yang langsung lumer di mulut bikin kue ini wajib ada di daftar makanan penutup favorit kamu. Cobain resep bolu gulung meses cokelat parrot di bawah ini yuk!

1 porsi
45 menit
Bolu Kukus Pandan Ombre

Bolu Kukus Pandan Ombre

Bismillah, meramaikan Recook Depok, yang Senin sharing kemarin diisi oleh mba Arti, terima kasih sharingnya mba Arti dan sangat inspiratif sekali, sekalian untuk Posbar bersama GACC juga😁. Link Resep : https://cookpad.com/id/resep/14430202-bolu-kukus-pandan-ombre?invite_token=s1SkQuKm7ersuv9iL2t9eWoq&shared_at=1613095009 Source : Arti Winarni #RecookDepok_ArtiWinarni #GACC_KreasiBerbentukHati #SalamKompakSelalu #CookpadCommunity_Depok #GA_TheNextLevel

Bolu Sawi Kukus (Gluten Free - No Emulsifier - No BP)

Bolu Sawi Kukus (Gluten Free - No Emulsifier - No BP)

Alhamdulillah... Sawi Pokcoy tidak hanya di tumis, di cah, di buat jus.. tapi juga bisa di bikin bolu kukus dan rasa sawi nya sangat tidak kentara Bolu sawi ini di makan dengan buttercream enak, di kasih cream + taburan keju enak, di makan hanya bolu aja, tanpa toping apa² juga enak Source : Dika Noveri #Markobar_GenkIjoRoyoroyo #CookpadCommunity_Semarang #PejuangGoldenApron3

144. Bolu Kukus Rainbow (putih telur)

144. Bolu Kukus Rainbow (putih telur)

Punya sisa putih telur, biar gak mubazir langsung aja dibuat bolu kukus. Planning nya pengen buat yang cantik tapi gagal karena di rusuhin sama bocah, alhasil pembagian warnanya gak rata, bagian putihnya lebih tebal daripada bagian warna yg lain. Tapi untuk rasa tetep ok lah 😉. Source: Windri-Aries #PejuangGoldenApron3 #week35 #CookpadCommunity_Bekasi

Bolu susu panggang

Bolu susu panggang

Manis banget ini.yg doyan manis manis pasti suka.tapi yg kurang suka manis bisa di kurangi gula dan susu nya.

50 mnt