Cara Gampang Menyiapkan Bolu Gulung Krim Kacang yang Anti Gagal

Dipos pada August 10, 2017

Bolu Gulung Krim Kacang

Hari ini saya akan berbagi resep Bolu Gulung Krim Kacang yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Bolu Gulung Krim Kacang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu Gulung Krim Kacang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Krim Kacang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Bolu Gulung Krim Kacang biasanya untuk 16 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Bolu Gulung Krim Kacang diperkirakan sekitar 45 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Bolu Gulung Krim Kacang sendiri di rumah. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Bolu Gulung Krim Kacang memakai 19 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bagi para pemula pembuat cake, Ini adalah resep bolu yang sangat mudah dan Insyaallah saya pastikan tidak akan bantat karena saya pakai trik saat pencampuran mentega cairnya. Bahan -bahan nya juga cukup simple dan murah, hanya menggunakan 6 butir telur serta proses nya cukup ringkas. Mari Kita Coba!!!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Krim Kacang:

  1. Bahan Bolu:
  2. 70 gr tepung terigu serba guna
  3. 10 gr tepung maizena
  4. 10 gr susu bubuk
  5. 90 gr gula pasir, gunakan gula pasir yang berwarna putih ya agar warna cake tetap putih dan tidak terlalu kuning
  6. 1/2 sdm SP (pengembang kue)
  7. 1 sdt vanila essence
  8. 6 butir telur utuh
  9. 125 gr mentega yang dilelehkan, biarkan hingga mencapai suhu ruangan
  10. 1/2 sdt essence mocca untuk campuran adonan terakhir sebagai pemberi motif bolu
  11. Bahan krim kacang:
  12. 100 gr mentega
  13. 100 gr selai kacang
  14. 50 gr gula halus
  15. 2 sdm syrup Mocca
  16. 3 sdm meses untuk taburan dalam butter cream
  17. coklat bola - bola untuk hiasan
  18. Gunakan loyang persegi ukuran 25 x 25 x 3 cm
  19. 1 lembar baking paper potong seukuran loyang untuk alas adonan saat memanggang

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Krim Kacang

1
Panaskan oven terlebih dahulu hingga mencapai 180 - 220 derajat celcius. Siapkan loyang yang telah dialasi baking paper
2
Masukkan semua bahan bolu kedalam mangkuk bersih, kecuali mentega cair.
3
Mixer mulai dari kecepatan pelan hingga tepung tercampur rata terlebih dahulu, setelah itu naikkan kecepatan mixer hingga maksimal. kocok hingga kurang lebih 10 menit dan adonan terasa berjejak dan berwarna putih.
4
Ambil mangkuk ukuran sedang, tuang mentega cair dan berikan 7 Sendok makan adonan bolu tadi. kocok kembali dengan kecepatan sedang. Hal ini bertujuan agar mentega dapat tercampur sempurna dan tidak akan turun kebawah saat dicampur ke adonan utama, karena setelah tercampur, konsentrat dan tekstur antara mentega dan adonan hampir sama.
5
Setelah mentega tercampur rata, tuang kedalam adonan utama dan kocok kembali dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Tahap proses ini sangat membantu untuk menghindarkan Bolu bantat.
6
Setelah proses mixer selesai, ambil sekitar 2 sdm adonan dan beri essence mocca dan aduk rata. Setelah itu masukkan kedalam kantung plastik dan sisihkan.
7
Tuang adonan ke loyang yang telah dialasi paper bag, ratakan keseluruh permukaan.
8
Ambil adonan mocca, semprotkan hingga menyerupai titik berdiameter 1 cm, beri jarak sekitar 5 cm antara titik satu satu sama lain ke seluruh permukaan adonan dasar. AMbil tusuk gigi, dari titik bagian ujung, tarik garis lurus menuju titik lainnya sambil sedikit lakukan gerakan bergelombang, setelah terhenti di titik terakhir, tarik garis lagi ke arah berlawanan sehingga terbentuk motif marmer.
Bolu Gulung Krim Kacang - Step 8
9
Setelah adonan diloyang, hentakkan loyang sebanyak 2 kali agar permukaan adonan benar-benar rata. Oven selama 20-25 menit hingga matang. Lakukan test kematangan dengan menusukkan tusuk gigi pada bolu di menit ke 20 setelah bolu masuk Oven.
10
Jika tidak ada bekas bolu pada tusuk gigi, ini berarti bolu siap untuk diangkat.
11
Diamkan sesaat setelah diangkat dari Oven. Balik kue dengan menggunakan baking paper lainnya. kupas baking paper yabng ada dibagian dasar bolu.
12
Gulung bolu perlahan - lahan, lakukan penggulungan saat bolu masuh hangat sehingga lebih lentur dan tidak membuat bolu pecah.
13
Diamkan bolu dalam posisi tergulung dan simpan di lemari es hingga dingin.
14
Buat butter cream, campur semua bahan krim kacang dan mixer hingga tercampur rata.
15
Ambil bolu dan lebarkan. Olesi bagian tengah dengan butter cream, pada bagian ujung yang akan digulung pertama, beri meses dan konsentrasikan pada sisi ini.
16
Gulung bolu perlahan - lahan, saat proses gulung, baking paper akan terangkat dan bagian kulit bolu akan terkelupas, ini akan membuat permukaan bolu tanpa kulit sehingga motif marmer akan terlihat jelas dan bagus.
17
Dapat disimpan dahulu di lemari Es atau dapat segera dipotong hingga menjadi 16 potong. jika ingin lebih indah, semprotkan cream kacang dengan spluit dan beri potongan coklat diatasnya. Kita bisa lakukan dekorasi sesuai selera.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu original toping keju

Bolu original toping keju

Resep ini dr orangtuaku,alhamdulilah bisa jadi resep buat jualan/ pesanan bolu ku di tempat ku skrng Cikarang" enak .. ga seret ..dan ekonomis... Jika ingat bolu ini.. ingat almrh bapaku Krn beliau yg suka banget dg bolu ini...#smgatenangdisanayapa..

Mocca blueberry roll cake

Mocca blueberry roll cake

#pr_digulungjangandigiling #bolugulungekonomis #cookpadcommunity #komunitaspaders #moccarollcake #rollcake Alhamdulillah kali ini ga bolos PR setelah 2 pekan bolos...maaf kan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Alhamdulillah ini roll cake yg ke 2 yg ga pecah gulungannya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Resep ini aq dpt dari mba @Rose shanty Bahannya super ekonomis dengan rasa yg luar biasa๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Bolu ubi ungu kukus versi ekonomis ala dapur lisa

Bolu ubi ungu kukus versi ekonomis ala dapur lisa

Kemarin ada ubi rebus gak habis di makan lalu masukin kulkas. Ke.esokan harinya pengen makan bolu akhirnya daripada terbuang buatlah bolu ubi... Dan hasilnya hemmmm lembut bolu dan dapet gurih santan yg berpadu dengan ubi hemmmm enak sekali suka suka suka. Ini bunda-bunda resepnya bisa di coba ... #MurahMeriah #SiapRamadan

D:24 loyang lubang tengah
Bolu kukus mekar susu

Bolu kukus mekar susu

Anakku suka sekali bolu kukus mekar dibanding bolu bolu lainnya. Mudah murah meriah dan cepat pembuatannya. Dimakan hangat sesaat keluar dari kukusan, enaaak bangeddd. Dan ini resep andalanku karena udah cocok dan Alhamdulillaah belum pernah gagal sejak pertama kali membuatnya. Untuk susu cair bisa diganti santan, air soda atau air biasa ya sesuai selera aja. Kadang aku tambah meises juga di adonan nya. Silahkan mencoba.

Bolu Pandan Ekonomis (Kocok All in one) Anti gagal

Bolu Pandan Ekonomis (Kocok All in one) Anti gagal

Source IG : Tintin Rayner Menjadi salah satu Favorit saya, semua bahan di kocok jadi satu kecuali pasta, butter dan minyak... Bahan bahannya pun ekonomis dan mudah di dapatkan, untuk rasa jangan di tanya #Recomended #Cocomtang #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #DutaRecookBeraksi #DutaRecookBalikpapan #PejuangGoldenApron3

Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

Hari minggu kemarin sehabis plg gereja saya sama suami beli pisang ambon di pasar pagi deket gereja. Murah 10rb dapet 2 sisir ukuran sedang. Sengaja beli karena mau bikin bolu kukus pisang. Pisangnya blm mateng2 banget, jadi saya tunggu beberapa hari dulu .. karena semakin mateng semakin enak๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Pas mau bikin, saya lagi gak enak badan dan flu. Saya suruh suami saya buat bantuin bikin .. rencananya saya yg dikte langkah2nya. Berhubung yang masak laki2 dan paksu orangnya males ribet. Dia cuma minta ditulisin resep aslinya .. pikir saya oh baguslah .. jadi dia mau kerjain sendiri hihihu. Eh ternyata, semua bahan diblender sama dia๐Ÿ˜น๐Ÿ˜น๐Ÿ˜นyaampun saya kaget๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™€๏ธ๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™€๏ธ katanya biar cepet .. toh sama aja. Pas dikukus saya juga was was, takut gak ngembang .. eh ternyata ngembang cakep banget๐Ÿ˜๐Ÿ˜… warnanya jg menarik. Faktor pisang kayaknya. Biasa bikin bolu pisang kan ada serat2nya yg bikin khas ini gak keliatan krn kan diblender jadi cuma titik2 aja hehehe.. wah lain kali bisa ditiru nih wkwkw lumayan ngirit tenaga nyuci wadah2 dan lebih ringkes๐Ÿคฃ Resep hanya beda takaran dikit dari yang kemarin dan nyoba skip minyak goreng. Ini juga sama enaknya๐Ÿ˜๐Ÿ’•

Bolu gulung ekonomis irit telur

Bolu gulung ekonomis irit telur

Hoo..rr..ee..! Sobat cookpad aku dapat ๐Ÿ’Œ#TiketRamadan, tapi sayang nggak bisa posting tiketnya, kayak postingan punyanya mbak @ tin_tientien, waktu pas pesannya dibuka lagi sudah ganti isi pesannya!Ayo gunakan kesempatan ini sebaik mungkin..! Buat ibuยฒ yang sudah dapat tiketnya jangan sampai disiaยฒkan! Semangat๐Ÿ™‹๐Ÿ’ช meskipun hasil recook ndakpapa! #SiapRamadan #MomenManis #periode 29 april - 4 mei 2019 Source : Tintin Rayner

Bolu Pisang Kukus Anti Gagal ๐Ÿฐ

Bolu Pisang Kukus Anti Gagal ๐Ÿฐ

Mau Bikin cake ANTI GAGAL,PEMULA Ramah Kantong.& Ekonomis Resep Ini solusinya ..! ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

BOLU KUKUS MEKAR PANDAN ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ (1 telor)

BOLU KUKUS MEKAR PANDAN ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ (1 telor)

Setelah berkali" trial bolkus mekar, akhirnya br sekarang ketemu resep yg sesuai harapan. Selain ekonomis krn cuma pake 1 telor ,ini resep jg anti gagal๐Ÿ˜ Resep sdh pernah saya share di bolu kukus Pandan mini y mom,tp ini versi mekarnya. Koq bisa mekar?? Bisa donk, krn pake api besar dan air kukusan mesti sedikit biar bawah kue ga kecipratan yg bikin bolkus mekar bawahnya bantat. Selamat mencoba y mom๐Ÿ˜‰

Bolu kukus pandan keju

Bolu kukus pandan keju

Anak saya suka banget makan bolu, cemilan yg paling dy sukai, berhubung tempat tinggal saya jauh dr bakery, makanya saya buat utk anak ngemil, disamping hrga jauh lebih murah, dan rasa bisa lebih dikondisikan sendiri....

Bolu nangka ekonomis

Bolu nangka ekonomis

Kemarin ada sisa nangka d bagi sm ttngga ,y udh d buatin aja bolu ini

Bolu kukus sederhana buat pemula

Bolu kukus sederhana buat pemula

Sederhana, murah, enak, menul2 cuman tekstur nya agak kering sedikit, mungkin karena gak pakai mentega kali yaaa. Memanfaatkan bahan yang ada dirumah. Lumayan buat temen ngopi. #dirumahaja #PejuangGoldenApron2

Bolu Kukus Mawar

Bolu Kukus Mawar

Pas kebetulan ada acara arisan dirumah mertua, bikin kue paling simpel, bahannya murah, dapetnya banyak, rasanya dijamin enak.

BOLU KUKUS MEKAR(EKONOMIS)

BOLU KUKUS MEKAR(EKONOMIS)

Ini resep ekonomis ya... Tapi rasa tetap enak... cocok juga untuk jualan...

20 porsi sedang
35 menit (20 me
Bolu Kukus Endolitakk

Bolu Kukus Endolitakk

Holaaa gengs, welcome to my journal! Bolu kukus mudah tanpa mixer (adokk pake tangan pejuang), murah (budget terbatas, tidak disetujui ibu negara kalo mahal2), so langsung ajaa mari dicobaa and happy cooking gengs^^ (Maaf tak ada foto, karna adonan nya insyekur) haha

Bolu Susu Strobery

Bolu Susu Strobery

Si pinky numpang lewat lagi. Masih edisi valentin seru - seruan bareng #GenkGadoGado. Teringat jaman masih bocah ingusan dan bau kencur penasaran hari Valentin itu apa ? Konon katanya hari Valentin adalah Hari kasih sayang. Hari Valentin identik dengan simbol LOVE, warna pink dan coklat. Begitu yang aku tahu, mak. Namanya bocah masih labil, ikut - ikutan merayakan hari Valentin๐Ÿ˜€. Beli coklat Silverqueen kemasan kecil yang paling murah. Itu pun ngumpulin uang jajan dulu. Hahaha... Tukeran coklat sama teman sekelas yang dianggap paling solid. Yups... sebatas tukeran coklat doang merayakan hari Valentin. Nah.. ini momen kedua bersama #GenkGadoGado. Bukan lagi tukeran coklat. Tapi tukeran resep edisi valentin. Resep memang tanpa minyak sayur atau margarin. Hasilnya tetap lembut gak bikin seret di tenggorokan. Senang banget ada posbar semacam #GenkGadoGado menjadikan lebih kreatif. Karena kreatifitas tanpa batas. Dan tentunya masak itu asik. Semoga #GenkGadoGado semakin kreatif, inovatif, kece dan membahana. Amin #Valentine2020With3G #EkspresikanCintamu #GenkGadoGado #MasakAsik #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Karawang Source : Dapur Natasha

Bolu Kukus Ekonomis

Bolu Kukus Ekonomis

Beberapa hari lalu, mbak nazma bawa bolu ini ke sekolah. Eh, teman_ temannya banyak yang pesen. Pagi_pagi buat bolu sekalian buat bekal anak_anak. Resep ini jadi 1 loyang bulat tanggung dan 18 buah cetakan putu Ayu.

60 menit
Bolu Pandan Lembut Ekonomis

Bolu Pandan Lembut Ekonomis

Berhubung stock cemilan dirumah lg kosong, mau keluar lg hujan, yaudah cuuus #BelanjaIdeDiPasarCookpad aja deh beli Terigu, BP, Telur ayam, Keju Cheddar, SKM, Butter, alasan milih bahan" ini krn sesuai dengan stock yg ada dan sesuai dg menu yg di pengenin, ini recook resepnya mb @CoryRahmaniah cocok untuk cemilan nonton tv dikala hujan hehe... Thanks y mb, ini recook yg kesekian x sampe udh hafal resepnya, aQ syukak hasilnya, walau q modif dg di kukus/ ganti bahan rasanya ttp enak dan teksturnya lembuuuuuuuuuuuutt bgt, ga percaya gaes ?? Cobain deh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Ngarep dapet #SarungTanganCookpad semoga rezeki ๐Ÿ˜