Resep Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor Anti Gagal

Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor. Konon kabarnya, manisan kolang kaling merupakan camilan khas Betawi. Makanan yang sering disebut buah atap ini berasal dari biji buah aren yang difermentasikan. Akan tetapi, untuk mempercantik tampilan, kolang.

Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor Manisan kolang-kaling sendiri banyak ragamnya, ada manisan kering, manisan betawi, dan manisan basah yang menggunakan campuran sirup. Artinya, kolang kaling sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Manisan dan Asinan khas mulai disukai banyak orang.

Kalau sedang lapar enaknya mencari inspirasi resep manisan caruluk (kolang kaling) khas bogor yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal manisan caruluk (kolang kaling) khas bogor yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari manisan caruluk (kolang kaling) khas bogor, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan manisan caruluk (kolang kaling) khas bogor yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Konon kabarnya, manisan kolang kaling merupakan camilan khas Betawi. Makanan yang sering disebut buah atap ini berasal dari biji buah aren yang difermentasikan. Akan tetapi, untuk mempercantik tampilan, kolang.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah manisan caruluk (kolang kaling) khas bogor yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor menggunakan 4 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor:

  1. Sediakan 3 kg kolang kaling.
  2. Ambil 1 kg gula pasir.
  3. Ambil Pasta grape secukupnya (selera).
  4. Ambil secukupnya Air tajin.

Toko oleh – oleh pun kian dipadati berbagai jenis asinan baik yang khas maupun model baru. Buahnya juga dikenal dengan dengan buah atep. Dicampur dengan sirup dan es, manisan kolang-kaling kenyal terasa sangat nikmat. Khasiat.co.id – Manisan Kolang Kaling merupakan salah satu jenis makanan yang biasa digunakan untuk campuran minuman.

Berikut langkah menyiapkan Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor:

  1. Day 1 : Cuci bersih kolang kaling lalu tiriskan.
  2. Siram & rendem kolang kaling pake air tajin selama semalaman.. Gunanya biar keset & tidak licin yaa.
  3. Setelah direndem air tajin lalu cuci bersih dengan air bersih langsung dari kran lalu tiriskan.
  4. Day 2 : Setelah bener"tiris, taburi gula pasir & pasta nya lalu aduk" dengan spatula kayu dan tutup diamkan selama semalaman juga.. Nah, gula pasir akan lumer yaa.. AWAS.. Jangan disentuh pake tangan.. Nanti jadi asem mom…
  5. Semalaman udah direndem pake gula pasir lalu tiriskan kembali.. Pisahkan kolang kaling dengan sisa air gula (lumer).. Sisa air gula dipanaskan yaa mom…
  6. Day 3 : Air gula udah dingin masukin & rendem lagi kolang kaling nya selama semalaman lagi yaa mom…
  7. Nah, setelah direndem tiriskan lagi kolang kaling dari air gula tadi yaa…
  8. Tadaa jadi deh.. Baru masukin ke wadah toples bening yaa lalu masukin ke kulkas biar dingin & seger disantapnyaa 😁😁.
  9. Lumayan lama bikinnya.. Sekejap abisnya 🤦😥😥 tapi seneng kalo abis tandanya enak, & manisnya pas 😁😁😁.

Dengan bentuknya yang lonjong, rasanya yang kenyal serta warnanya yang putih memudar makanan ini ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Besok harinya, perlahan tuang air syrup kolang-kaling kedalam panci, biakan kolang-kaling tetap diwadahnya. Resep Manisan Kolang Kaling Super Enak dan Praktis Ala Bunda Tika. Membuat Manisan Kolang Kaling Fanta Enak dan Segar ala Zasanah Menu Sajian Berbuka Puasa. RESEP CARA MEMBUAT MANISAN KOLANG KALING : Manisan kolang kaling manis dan enak dengan tampilan warna warni menarik.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Manisan Caruluk (Kolang Kaling) khas Bogor yang mudah tersebut bisa membantu kamu menyediakan makanan yang enak untuk kerabat maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat manisan caruluk (kolang kaling) khas bogor yang bisa Anda praktikkan di tempat tinggal anda. Semoga suka ya

Related Posts