Resep Jagung bose khas NTT yang Menggugah Selera

Maude Fox   08/11/2020 02:48

Jagung bose khas NTT
Jagung bose khas NTT

Lagi mencari ide resep jagung bose khas ntt yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal jagung bose khas ntt yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Jagung bose merupakan salah satu masakan khas NTT khususnya daerah daratan Timor yang didalamnya banyak mengandung karbohidrat dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Jagung yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah jagung biasa. TAG: jagung bose jagung bose khas NTT jagung bose kupang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jagung bose khas ntt, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan jagung bose khas ntt enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah jagung bose khas ntt yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Jagung bose khas NTT memakai 9 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Jagung bose khas NTT:
  1. Siapkan jagung bose / jagung bose pulut
  2. Siapkan kacang nasi putih, boleh yg warna hitam/merah
  3. Sediakan kacang hijau
  4. Siapkan kacang tanah
  5. Sediakan kelapa di ambil santanx secukupx
  6. Sediakan irisan labu kuning
  7. Sediakan Air secukupx
  8. Ambil Garam secukupx
  9. Sediakan Penyedap rasa secukupx (bila suka)

Bubur yang juga mengandung campuran daging se'i ini biasa juga dimakan bersama ikan bakar sebagai ganti nasi. Bose artinya dilunakkan, sehingga jagung bose adalah jagung yang dilunakkan. Jagung yang digunakan adalah jagung putih, yang dimasak dengan Jawada merupakan makanan camilan khas NTT dari Pulau Flores dan Pulau Alor. Bentuk jawada adalah segitiga dengan aroma khas dari wangi.

Cara membuat Jagung bose khas NTT:
  1. Cuci bersih jagung bose/ jagung bose pulut bersama kacang nasi sampai bersih.
  2. Masak sampai setengah jam, lalu masukkan kacang hijau yg telah di cuci bersih. Masak sampai benar2 matang semua. Kira2 45 menit lagi. Ingat ya bunda, skali2 harus di cek, utk tambah air klo sdh susut, jgn sampai hangus di dasar panci/wajan.
  3. Masukkan labu kuning n kacang tanah. Tunggu 5 menit, masukkan santan secukupx. Kalo bunda mau hasil jagung bose nanti banyak kuahx, air santanx di banyakin dikit, kalo sy senang yg kental2 gitu
  4. Pakai santan atau tdk pake santan, ttap tunggu 15 menit gitu sampai labu kuning n kacang tanahx matang. Tapi jgn lwat dr itu ya bunda, soalx tdk terlalu terasa santanx lg
  5. Masukkan garam. Tes rasa. Tambahkan penyedap rasa bila suka.
  6. Siap di santap bersama sambal lu'at. Hmmm…sepiring tdk akan cukup.

Yang membuat masakan ini mempunyai rasa yang khas. Untuk makanan khas NTT berikutnya adalah Catemak Jagung. Catemak jagung dinilai sehat karena bahan - bahannya yang natural dan biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup. Wah ternyata makanan khas NTT ada satu lagi yang berbahan dasar jagung, yaitu jagung bose. Jagung bose adalah makanan khas yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Jagung bose khas NTT yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved